Sport

Hattrick Pedro Nyamankan Barca di Puncak Klasemen

MADRID – Barcelona terus meraih hasil positif usai mencetak kemenangan kelima secara beruntun. Tuan rumah Rayo Vallecano kali ini menjadi tumbal keperkasaan pasukan Gerardo Martino, setelah dikalahkan dengan skor 4-0. Pedro Rodriguez mencetak hattrick, sedangkan satu gol lagi disumbangkan Cesc Fabregas.
 
Barcelona datang ke estadio de Vallecas Teresa Rivero – markas Rayo Vallecano- dengan ditemani pelatih Gerardo Martino, yang memasang tiga striker andalannya, Pedro Rodriguez, Lionel Messi, dan Neymar da Silva secara bersamaan.
 
Sementara Vallecano, yang kini berada di peringkat 15, tampil penuh percaya diri dengan beberapa pemain lokalnya, seperti Jonathan Viera dan Alberto Perea yang menghiasi lini depan mereka.
 
Jalannya pertandingan:
Babak pertama
Menit-menit awal, Rayo mencoba untuk bisa mengejutkan Barca. Sebuah penetrasi dari sisi kanan pertahanan Barca, melalui Perea diakhiri dengan crossing ke mulut gawang Victor Valdes, namun bola terlalu deras dan tak bisa dijangkau Vieira.
 
Pada menit keempat, gentian Barca yang balik mengancam. Messi berhasil melewati dua pemain Rayo di dalam kotak penalti, namun sebelum dia menembak, bola telah lebih dulu disapu oleh Galvez.
 
Keunggulan Barca baru tercipta pada menit ke-33 melalui kaki Pedro. Adalah Messi yang menjadi aktor serangan atas terciptanya gol pertama Barca ini. Usai melewati beberapa pemain, Messi memberikan umpan matang ke Pedro dan langsung dieksekusi dengan sempurna. Skor 1-0 Barca unggul.
 
Dua menit berselang, Rayo mendapatkan hadiah penalti, setelah Roberto Trashorras dijatuhkan oleh Adriano di dalam kotak terlarang. Namun sayang, sepakan yang dilakukan sendiri dengan Trashorra, masih bisa diblok dengan baik oleh Valdes. Barca tetap memimpin hingga pertandingan babak pertama berakhir.
 
Babak kedua:
Selepas turun minum, permainan agresif Barca belum berhenti. Bahkan pada menit ke-47 raksasa Catalan ini berhasil menambah gol, yang lagi-lagi dicetak oleh Pedro. Striker lincah nan cepat ini mencetak gol keduanya usai menerima umpan silan dari Cesc Fabregas, sehingga membuat keadaan berubah menjadi 2-0.
 
Usai cetak gol, Barca hampir saja menambah gol lagi. Tetapi, tembakan Messi masih melebar ke sisi kiri gawang Rayo. Apesnya, wasit ternyata menilai pemain berjuluk La Pulga itu sudah dalam posisi offside saat menerima umpan Neymar.
 
Dominasi Barca berlum terbendung, kali ini peluang didapatkan oleh Neymar pada menit ke-65. Pemain berbanderol 57 juta Euro itu melepaskan bola dengan tendangan kerasnya, tapi sayang, bola lebih memilih membenturkan diri ke tiang gawang, sehingga Barca gagal menambah gol mereka.
 
Pedro menjadi pemain yang beruntung pada pertandingan ini. Berada di posisi yang ideal, pemain dengan tinggi 169 ini kembali mencetak golnya yang ketiga atau hattrick. Kali ini Neymar yang memberikan umpan, di mana Pedro berdiri dengan bebas untuk mengeksekusi bola menjadi sebuah gol. Pada menit ke-72, skor menjadi 3-0 untuk Barca.
 
Derita Vallecano terus berlanjut, Barca terus menunjukkan bahwa mereka memiliki kualitas di atas tuan rumah. Blaugrana kembali mencetak gol keempatnya, kali ini disumbangkan oleh Fabregas, usai menerima umpan dari Neymar. Menit ke-80 skor menjadi 4-0 untk Barca.
 
Gol yang dihasilkan dari Fabregas ternyata menjadi gol penutup di pertandingan ini. Maka dengan hasil yang diraih, Barca tetap nyaman di puncak dengan torehan 15 poin dari lima kemenangan yang mereka raih.
 
Sementara bagi Vallecano, kondisi mereka semakin terbenam, apalagi beberapa klub belum main, sehingga peluang mereka masuk ke zona degradasi semakin terbuka.(rep2)
 
Susunan formasi:
Rayo Vallecano: 13. Rubén, 21. Arbilla, 2. Tito (Nacho 46’), 5. Galvez, 26. J. Mojica, 10. Roberto Trashorra, 4. Raúl Baena, 22. Saul, 23. Bueno, 14. Alberto Perea (Embarba 48’), 19.Jonathan Viera (Larrivey 48’)
 
Barcelona: 1. Víctor Valdes, 21. Adriano Correia, 3. Pique, 2. Martín Montoya, 14. J. Mascherano, 4. Fàbregas, 6. Xavi (dos Santos 84), 17. A. Song, 10. L. Messi, 7. Pedro (Iniesta 75’), 11. Neymar (Tello 80’)