Fokus Rohil

Pemkab Danai Akomodasi dan Transportasi JCH Rohil

Wabup Rohil H Suyatno melepas Jemaah Calon Haji. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menanggung dana akomodasi dan transportasi Jemaah Calon Haji (JCH) mulai dari rayon masing-masing di kecamatan hingga menuju Embarkasi Batam, kemudian kembali lagi ke daerahnya. Dana yang digleontorkan Pemkab Rohil itu diperuntukan makan minum, bus, penginapan, obat-obatan hingga sewa pesawat dari Pekanbaru-Batam sebelum JCH diterbagkan ke tanah suci Mekkah.

"Tahun ini semua akomodasi dan trasportasi pelepasan dan penjemputan jemaah haji ditanggung Pemkab Rohil. Bahkan, hal yang terkecilpun seperti, obat-obatan semua kita (Pemkab) yang tanggung, tak satu senpun kita bebankan kepada jemaah. Inilah bukti kepedulian Pemkab Rohil," sebut Wakil Bupati, H Suyatno, Jumat (20/9/2013).

Namun demikian, Suyatno enggan membeberkan berapa total dana yang digelontorkan itu. "Yang jelas bagaimana jemaah bisa berkosentrasi menjalankan ibadah, bukan berapa dana yang dikeluarkan Pemkab Rohil. Bahkan, seragam jaketpun kita danai, kalau tidak percaya boleh tanya langsung kepada JCH," tegasnya.

Kabag Kesra Setdakab Rohil, H Basaruddin menambahkan, mengenai besaran dana yang disiapkan belum dapat dipublikasikan. "Anggarannya ada, hanya saja saya belum bisa ketahui otal dana yang dihabiskan. Sebab kan masih berlangsung kegiatannya. Karena kegiatan ini kan ada PPTK-nya. Jadi yang lebih tahu ya PPTK-nya," katanya.

Musim haji tahun 2013 ini, jumlah JCH Rohil sebanyak 207 orang. Pemkab Rohil memberangkatkan mereka dari rayon masing-masing dengan menggunakan 7 bus menuju Pekanbaru untuk diinapkan satu malam kemudian paginya diterbangkan ke Embarkasi Batam dan diteruskan ke tanah suci Mekkah. (rep1)