*Di danai Pemkab Rohil.

Suyatno : Satu persen CJH Rohil Tidak Keluar Dana.

Suyatno

BAGANSIAPIAPI - Dana yang digelontorkan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam setiap pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) cukup besar, mulai dari biaya makan minum, bus pemberangkatan, penginapan, obat-obatan dan carter pesawat dibebankan pada pos anggaran bagian Kesra tahun 2013.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Rohil terhadap CJH yang berasal dari Rohil dalam menjalani Ibadah Haji. Bahkan, tahun ini satusen pun CJH Rohil tidak mengeluarkan biaya Pemberangkatan haji. Namun seluruhnya telah di tangung oleh Pemkab Rohil.

"Tahun ini semua CJH asal Rohil, telah di tanggung pemberangkatan oleh Pemkab Rohil. Bahkan, hal yang terkecilpun seperti obat semua kita tangung, kita (Pemkab, red) tidak ada satu persenpun meminta kepada kepada CJH, semuanya di tangung oleh Pemkab Rohil,""ujar Wakil Bupati Rohil, H. Suyatno. usai Pelepasan CJH Rohil di Embarkasi Batam, bau-baru ini..

Tapi Sayangnya Wakil Bupati belum bisa memastikan berapa total anggaran yang di keluarkan untuk CJH tahun ini, namun pihaknya berkomikmen bahwa setiap tahun Pemkab Rohil akan terus mendanai pemberangkatan CJH,"makan minum dan penginapan, serta jaketpun kita danai, kalau tidak percaya boleh tanya langsung kepada CJH Rohil kita, satusenpun tidak ada CJH Rohil yang keluar dana,"ungkap Suyatno, seraya mengulangi ucapannya lagi.

Sementara itu, Kabag Kesra Sekdakab Rohil, H. Basaruddin. ketika di konfirmasikan mengenai besarnya anggaran daerah yang telah dikeluarkan untuk pemberangkatan musim haji tahun 2013 ini belum dapat di ketahui.

"Terhadap masing biaya yang di keluarkan untuk Jamaah Haji ini belum dapat saya ketahui, mulai jumlah pengantar dan ongkos biaya sewa dan lainnya. Karna dalam biaya haji ini ada panitianya yaitu PPTK nya. Dan yang lebih tahu terhadap seluruh biaya keberangkatan haji ini yaitu PPTK,"kata Kabag Kesra Setdakab Rohil H Basarudin.

Menurutnya, CJH asal Rohil yang diberangkatkan sesuai dengan rayon masing-masing kelompok, pemberangkatan dilakukan serentak pada Senin (16/9) lalu di lepas langsung Wakil Bupati Rohil H Suyatno.

"Seluruh CJH asal Rohil berangkat Senin (16/9, red) lalu, pukul 07.30 Wib dari Bagansiapiapi menuju Pekanbaru mengunakan Bus, selanjutnya menuju embarkasi batam mengunakan Pesawat Lion Air,"katanya.

Dikatakannya, untuk musim haji tahun 2013 jumlah CJH asal Rohil sebanyak 207 orang, Pemerintah Daerah menyediakan bus carter yang cukup banyak. Karna selain di isi oleh jamaah yang berangkat, juga dari panitia dan perwakilan Pemkab turut mengantar jamaah tersebut.

"Dalam keberangkatan jamaah haji ke Pekanbaru dan Batam akan diantar oleh panitia haji dan beberapa perwakilan dari Pemkab Rohil. Dan bus yang di gunakan sebanyak 7 bus ke Pekanbaru lalu, sementara para jamaah haji akan di inapkan dihotel labersa Pekanbaru selama semalam,"rincinya.

Jemaah Calon Haji asal Rohil, jelasnya. Telah diberangkatkan dalam 6 rayon, yakni rayon I Kecamatan Bangko, Pasir Limau Kapas, Batu Hampar, Pekaitan, untuk Rayon II Bangko Pusako, Rimbo Melintang dan Tanahputih Tanjung Melawan, Rayon III Tanahputih dan Rantau Kopar, Rayon IV Pujud, Rayon V Kecamatan Kubu dan Kubu Babusalam dan rayon VI Kecamatan Bagansinembah dan Simpangkanan.

"Rayon I sebanyak 78 orang, rayon II sebanyak 28 orang. Rayon III sebanyak 34 orang. Rayon IV sebanyak 5 orang. Rayon V Pujud sebanyak 14 orang dan Rayon VI Kecamatan sebanyak 48 orang, CJH Rohil ini termasuk pada kloter 9 ddengan CJH asal Kabupaten Bengkalis, dan Pekanbaru,"Katanya.(rep7)