Pemilukada Riau

Wan Abubakar dan Isjoni Lolos Verifikasi

PEKANBARU - Ada tiga pasang calon dari jalur independen yang ikut di Pilgubri, September mendatang. Namun, saat verifikasi nanti, hanya satu pasangan yang dinyatakan lolos yakni pasangan Wan Abubakar dan Isjoni.

 
Tiga pasangan calon independent yang sudah memberikan bukti dukungannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau yakni pasangan Wan Abubakar dan Isjoni, Kamiruddin dan M Diya, dan Kairuddin bersama Amril Piliang. 
 
Ketua KPU Riau, T Edy Sabli mengatakan, tiga pasangan itu telah memberikan bukti dukungannya. "Dari ketiga pasangan tersebut hanya satu pasangan yang sudah diverifikasi dan di nyatakan lolos," ucapnya. 
 
Pasangan yang tidak lolos dari jalur independent tersebut, tidak memenuhi syarat utama untuk masuk dari jalur independent. Syarat utama tersebut adalah bukti dukungan sebanyak 257.397 dan mereka hanya mempunyai 47.550 bukti dukungan. 
 
"Dengan tidak memenuhi syarat, dan sangat minimnya bukti dukungan pasangan Kamiruddin dan M Diya, Kairuddin dan Amril Piliang tersebut, jangan kecewa mungkin belum rezeki, karena pengalaman adalah guru yang baik, " katanya, Selasa, (9/4).
 
Saat ini, kata Edi, KPU terfokus pada pendaftaran calon legislatif DPD RI. Untuk calon legislatif, yang sudah mendaftar ke KPU Riau yakni, Gaffar Usman dengan memberikan bukti dukungan 3000 dukungan yang tersebar di 6 kabupaten kota se Provinsi Riau. 
 
"Tetapi syarat dan ketentuan Gaffar Usman yang saat ini masih aktif tersebut belum kita verifikasi, dan secepatnya akan kita lakukan verifikasi, " sebutnya.
 
Senada dengan itu, Gaffar Usman, kepada Metro Riau melalui telepon selular mengatakan, pihaknya telah memberikan bukti dukungan ke KPU Provinsi Riau. Bukti dukungan syarat sementara tersebut, sudah mencapai 3797 bukti dukungan, dan masih akan ada lagi yang mentusul nanti.
 
"Dengan sudah memenuhi syarat sementara, kita tidak mau menunda nunda pekerjaan. Karena saya dari dulu memang bukan tipe yang menunda nunda pekerjaan," tutupnya. (rep01/mtr)