Fokus Rohil

DPRD Rohil Dukung Pembangunan Bandara Teluk Bano

Anggota DPRD Rohil, Dedi Humadi

BAGANSIAPIAPI - DPRD Rokan Hilir mendukung langkah Pemerintah Kabupaten yang tengah serius membangun Bandara Teluk Bano di Kecamatan Bangko Pusako. Pasalnya, kehadiran bandara itu diyaniki mampu meingkatkan perekonomian warga di Rokan Hilir.

"DPRD tentu sangat mendukung dibangunnya Bandara Teluk Bano yang diyaniki untuk kepetingan masyarakat, apalagi bisa meningkatkan perekonomian warga di Rokan Hilir," sebut Ketua  Komisi I DPRD Rohil, Dedi Humadi, Senin (2/9/2013).

Katanya, memang keberadaan Bandara Teluk Bano sangat mdibutuhkan. ”Tak dapat dihindari, kita sudah sangat membutuhkan berdirinya lapangan udara itu di kabupaten ini. Sesuai dengan rencana pembangunan, DPRD mendukung penuh program ini," tambahnya.

Ketua Komisi I DPRD Rohil itu menambahkan, kuatnya niat Pemkab Rohil membangun Bandara juga didukung untuk mempromosikan daerah. Pasanya, di Rohil sendiri setiap tahunnya memiliki banyak agenda nasional. "Banyak wisata Rohil yang perlu dukungan transprotasi yang baik seperti wisata yang sudah mendunia seperti Bakar Tongkang, Cap Go Meh, Imlek, Sembahyang Kubur dan lainnya. Rata-rata pengunjungnya dari manca negara," tegasnya.

Ditambahkannya, pembangunan bandara ini cukup potensial, di areal sekitar 100 hektar, mampu meningkatkan perekonomian warga. "Untuk lahannya sudah dibebaskan, artinya semua  biaya, Pemkab Rohil yang akan mempertanggungjawabkannya," kata Dedi Humadi.  

Sementara untuk pembangunan bandara terkait sarana dan prasarana serta landasan, informasi terakhir diserahkan kepada Dirjen Perhubungan dengan menggunakan APBN. "Kalau tidak salah landasan yang akan dibangun sepanjang 2000  meter dari APBN. Besar harapan kita pembangunannnya dilakukan secepatnya," sebutnya. (rep1)