Dibangun Tahun 2006

Gedung Dispenda Riau Terbengkalai di Rohil

Terbengkalai - Bangunan milik Dispenda Riua yang direncanakan untuk UPTD di Rohil dan dibangun tahun 2006 hingga kini terbengkalai. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Meski dibangun tahun 2006 silam, gedung Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Riau di Rokan Hilir, masih terbengkalai. Gedung yang berada di pusat perkantoran Batu Enam, Kecamatan Bangko itu, bahkan sudah hampir berbentuk bangunan tua.

Assisten I Sekdakab Rohil, H Wan Rusli Syarif M Si, Jumat (30/8/2013), mengaku kalau gedung itu milik Dispenda Riau dan sudah lama di bangun mulai tahun 2006 lalu. "Dulunya bangunan tersebut akan dipergunakan untuk UPT Dispenda Riau di wilayah Rokan Hilir. Namun dari 2006 di bangun hingga saat ini masih terbengkalai. Dimana kendalanya kita juga tidak tahu," kata Wan Rusli.

Menurut Wan, tujuannya dibangunannya UPT Dispenda Riau di Rohil untuk mempermudah masyarakat daerah ini mengurus pembayaran pajak. Seperti, pajak kendaraan bermoto atau pajak lainnya  sehingga warga tidak perlu lagi ke Pekanbaru. "Awalnya, pembangunan cukup lancar, namun dalam empat tahun pembangunannya sempat berhenti dan tidak di lanjutkannya lagi," papar Wan Rusli.

Diterangkannya, bangunan UPT Dispenda Riau berdiri pada lahan milik Pemkab Rohil. Namun proses pembangunan dan  proses anggarannya merupakan wewenang Pemerintah Provinsi Riau. "Pemkab Rohil tidak mengetahui sama sekali, semuanya di lakukan oleh Pemerintah Riau, baik proses bangunannya hingga penganggarannya. Pemkab Rohil hanya menyediakan lahan saja untuk berdirinya bangunan tersebut," tegas Wan Rusli.

Pantauan Metro Riau di lapangan, bangunan Dispenda tersebut saat ini sudah banyak yang rusak dan sudah retak-retak. Lantai bangunannya banyak yang berlobang begitu juga keramiknya sudah banya yang copot. Sekeliling bangunan juga telah diselimuti hutan belukar, sehingga kalau dilihat dari jalan, bangunan tersebut sudah tidak kelihatan sama sekali. (rep1)