Fokus Rohil

PDE Rohil Gelar Workshop IT dan Jaringan Internet

BIMTEK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengaadaan barang dan jasa kepada aparatur SKPD, Senin (26/8) di B

BAGANSIAPIAPI - Bagian Pengelolaan Data Elektronik (PDE) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar workshop untilisasi perangkat IT dan jaringan internet, serta perakitan komputer bagi para pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kegiatan dibuka Assisten I Setdakab Rohil, H Hasrial diikuti sekitar 30 peserta, Senin (26/8).

"Kegiatan bertujuan supaya para perwakilan dari setiap SKPD bisa mengunakan komputer dan internet dengan baik, karena saat ini semua pekerjaan hampir mengunakan alat komputer dan internet," Kata Kepala Bagian Pengelolahan Data Elektornik (PDE) Pemkab Rohil, Drs H Indra Jaya M Si.

Ditambahkannya, hal ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para peserta berkaitan dengan perangkat lunak dan sekaligus pengoperasian komputer. Sehingga, perangkat lunak berupa yang tersedia di semua SKPD dapat terus dapat difungsikan secara baik dan benar. "Artinya, kalau ada gangguan pada komputer dan internet, maka peserta dari tempat dia bekerja bisa menyelesaikannya dengan baik, tanpa menunggu IT dari luar lagi. Ini harapan kita," sebutnya.

Kegiatan workshop tersebut mendatangkan pembicara dari ilmu komputer, sehingga persoalan dan ilmu yang didapat lebih mendalam. "Kegiatan workshop IT dan Internet ini dibuat setiap tahunnya dengan peserta yang berbeda, supaya dalam SKPD setiap tahun memiliki tenaga yang paham terhadap pengolahan komputer. Apalagi narasumber langsung di datangkan dari Amik Pekanbaru," tambahnya.

Lanjutnya, pengolahan dan pengunaan komputer maupun internet sangat dibutuhkan di lingkungan pemerintah, apalagi dalam menyimpan sebuah arsip penting. "Dalam mencari dan menyimpan dokumen di dalam komputer, harus bisa mengunakan dan mengimplementasikannya. Kalau tidak, maka akan sulit bagi pegawai SKPD untuk bekerja dengan tepat. Karena sistem komputer dan internet sangat dibutuhkan dunia kerja pemerintah maupun swasta," kata Indra Jaya. (rep1)