Riau Raya

Lemhanas Belajar Strategis Pemerintahan ke Riau

PEKANBARU - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Angkatan 49 belajar strategi ke Pemerintahan ke Provinsi Riau. Studi strategis pemerintahan yang dilakukan Lemhanas bukan hanya di Riau saja, tetapi di Provinsi Bengkulu dan Sulawesi Utara.

Hal ini diakui Assiten II Setdaprov Riau, Emrizal Pakis, Senin (22/7) usai melakukan pertemuan dengan para utusan Lemhanas.

Menurut Lemhanas, kata Emrizal, mereka ingin mengetahui program srategis pembangunan di Riau, termasuk Karhutla. "Mereka melakukan studi strategis, dalam program Lemhanas itu. Ada tiga provinsi yang mereka kunjungi yakni, Provinsi Riau, Bengkulu kemudian Sulawesi Utara," ujarnya.

"Dalam pertemuan tadi, mereka sangat merespon program pembangunan yang ada di Pemprov Riau. Terutama, tentang pembangunan infrastruktur seperti, perhubungan (jalan), listrik dan air bersih walau agak lambat penyelesaiannya dan target yang dicapai untuk air bersih," sebutnya.

Selain itu, menyangkut program pendidikan di Riau, para utusan Lemhanas juga sangat merespon pada sekolah-sekolah di wilayah marjinal atau suku-suku terasing. "Selain itu, peserta Lemhanas juga sempat mempertanyakan masalah bencana asap di Riau dalam penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)," paparnya. (rep1)