Fokus Rohil

Tiap Bulan, Pegawai Kemenag Zakatkan Gajinya

Kepala Kamenag Rohil H Agustiar S Ag


BAGANSIAPIAPI - Aksi solidaritas seluruh pegawai Kantor Kementerian Agama (Kamenag)Kabupaten Rokan Hilir patut dicontoh. Pasalnya, setiap bulannya mereka selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk dizakatkan ke fakir miskin dan anak yatim piatu. Dari total keseluruhan pegawai, mereka mengumpulkan minimal Rp3 juta hingga puluhan juta untuk dizakatkan.

Hal ini ditegaskan Kepala Kamenag Rohil, H Agustiar, Selasa (9/7). "Ini yang disebut zakat penghasilan. Seluruh pegawai kita ajak berzakat setiap bulannya, Alhamdulillah terkumpul Rp3 juta per bulan dan kita salurkan ke anak yatim dan fakir miskin," terang Agustiar.

Meski telah ada aturan menyangkut zakat penghasilan, di Kantor Kemenag menerapkan sistem suka rela dalam memberikan bantuan. "Sebenarnya zakat penghasilan itu wajib, tapi kita gunakan sistem sukarela dalam hal ini. Para pegawai ada yang memberikan puluhan hingga ratusan ribu per bulan-nya," katanya.

Ternyata, kegiatan solidaritas ini di lingkungan Kantor Kemenag telah berjalan selama 2 tahun terakhir. "Jika ditotal setiap tahunnya angkanya mencapai Rp50 juta. Karena jumlah keseluruhan pegawai di kantor mencapai 148 orang," ungkapnya. (rep/01)