Fokus Rohil

Tahap Awal, 123 RTS Terima BLSM

ilustrasi



BAGANSIAPIAPI - Kantor Pos Bagansiapiapi, Selasa (9/7), menyalurkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) untuk 123 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kabupaten Rokan Hilir. Penyaluran tahap awal ini akan dibagikan untuk warga di Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir, Kecamatan Bangko.

"Kita sudah mulai menyalurkan BLSM tahap awal untuk 123 RTS dari Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir, Kecamatan Bangko. Kegiatan ini akan terus berlanjut bagi seluruh RTS di Rohil," ungkap Kepala Kantor Pos Bagansiapiapi, Edi Mayuhardi disela kegiatan.

Dijelaskannya, usai pembagian BLSM bagi warga Labuhan Tangga Hilir, pihaknya akan melanjutkan ke wilayah lainnya. "Tergantung persiapan kelurahan/kepenghuluan masing-masing, jika mereka siap mendatangkan warganya ke Kantor Pos Bagansiapiapi, maka akan kita salurkan tetapi sesuai jadwal agar tidak berdesakkan," tegas Edi.

Para penerima BLSM mendapatkan bantuan Pemerintah Pusat sebesar Rp300 ribu per kepala keluarga. "Nilai Rp300 ribu untuk 2 bulan. Karena per bulannya mereka menerima Rp150 ribu," rincinya.

Disinggung mengenai jumlah penerima BLSM di Rohil, Edi, menerangkan ada sebanyak 28.232 kepala keluarga yang akan menerimanya. "Jumlah itu tersebut tersebar di 15 kecamatan di Rohil. Sedangkan, untuk wilayah kecamatan yang dekat dengan kantor Pos, para penerima bisa datang langsung seperti warga di Kecamatan Rimba Melintang, Pasir Limau Kapas, Pekaitan, Batu hampar, Sunoboi, Kecamatan Bangko," paparnya.

Mengenai warga yang lokasi tempat tinggalnya jauh, Edi memastikan bahwa dana itu akan sampai ke tangan penerima dengan sistem koordinasi dengan pihak kelurahan/kepenghuluan di kecamatan masing-masing. "Bahkan kita akan mengantarkannya langsung ke penerima melalui jasa petugas yang ada di kantor Pos," terang Edi.

Sementara, khusus di Rohil, lanjut Edi, jumlah Kantor Pos ada sebanyak empat unit yang menyebar di Kecamatan Bangko, Bagan Sinembah, Sedinginan dan Kecamatan Kubu. "Kepada masyarakat yang belum menerima BLSM supaya bisa bersabar, karena pembagiannya telah diatur sesuai rute yang sudah tetapkan," harapnya. (rep/01)