Sosialita

5 Tanda Ini Alasan Anda untuk Merubah Karir

Pilihan antara bertahan dalam satu pekerjaan atau banting setir dengan memilih jalur karir yang lain selalu menjadi momok di benak banyak orang. Tentu saja, perubahan karir disertai dengan risiko yang harus ditanggung nantinya. Namun jika Anda mengalami beberapa tanda di bawah ini, bisa jadi perubahan karir adalah hal yang baik untuk Anda.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda siap untuk mengubah karir dan berganti pekerjaan, seperti dilansir oleh Huffington Post (01/07).

1. Anda mengalami kelelahan yang parah
Jika Anda mulai mengalami rasa sakit, kelelahan, atau merasa tak sehat, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pekerjaan. Apakah pekerjaan Anda menyebabkan semua ini, misalkan anda harus lembur hingga pagi, tak cukup tidur, tak cukup istirahat, atau lainnya? Jika pekerjaan hanya membuat Anda sakit-sakitan dan membuat Anda lelah sepanjang hari, sebaiknya segera tinggalkan pekerjaan tersebut demi kebaikan Anda.

2. Pekerjaan Anda tak sesuai dengan minat dan bakat
Kebanyakan orang yang bertahan di pekerjaan yang tak mereka sukai lama-kelamaan akan menjadi mahir dalam pekerjaan tersebut. Hal ini tentunya tak menyenangkan ketika Anda harus melakukan pekerjaan yang semakin mahir dilakukan namun dalam diri Anda sendiri tak menyukainya. Kenali bakat dan minat Anda, kemudian jika ada kesempatan, ikuti karir yang Anda sukai dan sesuai dengan diri Anda.

3. Gaji Anda sudah tak mencukupi
Kebanyakan orang yang tak menyukai pekerjaan mereka tetapi tetap bekerja di sana biasanya takut untuk pergi karena gaji yang mereka terima. Namun suatu saat, mereka pasti merasakan ketika gaji tak lagi bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan diri mereka dalam bekerja. Jika Anda sudah merasa bahwa gaji Anda tak bisa menutupi kepuasan bekerja, maka ini adalah saatnya untuk mengambil risiko dan mencoba pekerjaan yang lain.

4. Meski melakukan pekerjaan dengan baik, Anda tak merasa senang
Meski sudah melakukan semua pekerjaan dengan baik dan berdedikasi, Anda tak merasa puasa dan senang dengan hasil kerja Anda. Pada akhirnya Anda selalu merasa bosan, meski Anda berhasil melakukan pekerjaan setiap hari. Kemudian Anda mulai menanyakan pada diri sendiri, apakah di sana benar-benar tempat yang tepat untuk Anda.

5. Anda merasa memiliki kemampuan di bidang lain
Apakah Anda merasa memiliki kemampuan di bidang lain dan bisa lebih sukses di bidang tersebut? Mungkin saja Anda benar. Jika merasa Anda memiliki kemampuan lebih baik di suatu bidang, cobalah untuk menekuni bidang tersebut. Jika berhasil, tak ada salahnya melepaskan pekerjaan yang sekarang untuk mendapatkan pekerjaan yang menjadi keahlian Anda.

Coba perhatikan apakah Anda memiliki tanda-tanda di atas. Jika iya, kemungkinan Anda sudah tak cocok bekerja di tempat Anda sekarang dan sudah siap untuk memulai pekerjaan di bidang lain. (rep05)