*Makodim 0321 Diresmikan.

Pangdam Lodewyk Bangga Makodim di Bangun Sangat Megah

BAGANSIAPIAPI - Panglima Daerah Militer (Pangdam)  I Bukit Barisan Mayjend TNI Lodewyk Pusung meresmikan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0321 Rokan Hilir di Bagansiapiapi, Senin, (22/2) di Bagansiapiapi.

Dalam pidato resminya Pangdam menyatakan salut terhadap Pemerintah Kabupaten  Rokan Hilir (Rohil), Riau,  yang telah membangun Gedung Makodim yang begitu megah. Ia berharap agar keberadaan Makodim 0321 bermanfaat bagi masyarakat Rohil.

Pangdam Lodewyk Pusung hadir bersama dengan Plt Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Racman. Kedatangan mereka dan rombongan yang menggunakan tiga buah helikopter, disambut langsung oleh rombongan Bupati Rohil H Suyatno di Lokasi Taman Budaya Batu Enam, Bagansiapiapi.

Setibanya di Taman Budaya, rombongan Pangdam Lodewyk Pusung dan Plt Gubri diajak langsung ke rumah dinas Bupati Rohil. Disana para rombongan disambut dengan tarian kompang dan pencak silat dan ditepuk tepung tawar.

Dari kediaman Bupati Rohil, rombongan langsung menuju Makodim Rohil 0321 yang berada di Komplek Perkantoran Batu Enam untuk melangsungkan acara seremonial peresmian.

Dalam acara ini tampak hadir, seluruh kepala dinas se-Kabupaten Rohil, anggota DPRD Rohil, Lembaga adat Melayu Riau, Wakil Bupati Siak Alfedri serta berbagai instansi lainnya.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, pembukaan kain selubung plang dan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Pangdam I BB didampingi Bupati Suyatno, Plt Gubri Andi Rahman, Danrem 0321/Wirabima Brigjend TNI Nurendi dan Dandim 0321 Bambang Sukisworo.

Tampak hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Siak, Sekda Bengkalis, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Riau dan Rohil, Direktur IPDN Kampus Rohil, Kapolsek, Camat, Lurah/Penghulu Se-Rohil, tokoh agama, Kepala Badan/Kantor/Dinas dan Kepala Bagian dan seluruh jajaran TNI.

Dalam sambutannya Bupati Rohil Suyatno menyampaikan, bahwa Pemerintah Daerah dan masyarakat Rohil sangat bahagia dengan diresmikannya Makodim 0321. Menurutnya, Wilayah Rohil akan aman dan kondusif.

“Sudah lama kami idam-idamkan peresmian ini. Sempat tertunda beberapa kali, namun akhirnya pada hari ini peresmian Makodim ini terwujud. Masyarakat Rohil tentunya sangat senang,” tutur Suyatno.

Bupati menyebutkan luas lahan Makodim yang tersedia saat ini hanya dua hektare, namun Bupati berjanji dalam waktu dekat dirinya akan berkoordinasi dengan Ketua DPRD Rohil.

"Tadi saya dapat bisikan dari Dandim, kok cuma dua  hektare lahannya, Panglima jangan khawatir, akan kami siapkan sisa lahan yang dibutuhkan untuk latihan menembak nanti,” janji Suyatno yang disambut tepuk tangan.

Di samping acara tersebut dilakukan penyerahan mobil dinas bantuan Pemerintah Rohil  demi kelancaran tugas dari Kodim Rohil. Dalam hal ini Bupati berharap dengan kehadirian Makodim, Rohil yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Provinsi Sumatera Utara diharapkan menjadi aman dari gangguan Kamtibmas. (Adv/Humas/di)