Riau Raya

UIR Tawarkan Peningkatan SDM Aparatur Pemerintahan

Universitas Islam Riau, Pekanbaru jurusan ilmu pemerintahan menawarkan peningkatan mutu Sumber Daya Manusia melalui program magister (S2) ilmu pemerintahan.
 
Hal itu disampaikan Ketua Prodi S2 Pasca Sarjana Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru H Syafhendri, di sela kunjungan ke Kabupaten Rohil, Sabtu (6/6)
 
Dikatakan, kegiatan sosialisasi bagi apartur penyelengara pemerintahan sangat penting mengingat tugas pokok dan fungsi apartur tersebut sebagai abdi masyarakat.
 
Dirinya menyebutkan, selain memahami sistem birokrasi di pemerintahan, pascasarjana (S2) UIR Pekanbaru memiliki kelengkapan sarana dan prasarana seperti laboratorium ilmu pemerintahan.
 
"Di laboratorium, kita bisa mengkaji fenomena ilmu pemerintahan daerah, menganalisis permasalahan pemerintahan," tambah Rahyunir Rauf, Kepala Lab IP UIR Pekanbaru.
 
Menurutnya, berbagai persoalan yang muncul di dalam pemerintahan seringkali tidak terpecahkan, sehingga menjadi kendala dalam menjalankan sistem di pemerintahan.
 
"Contoh, pilkades, penunjukan pejabat lurah, nah kita yang akan rekomendasikan, termasuk juga perda yang sudah kedaluwarsa semua akan diuji dalam lab," ujarnya.
 
Ia berpendapat, kesibukan aparatur pemerintah daerah sering membuat suatu persoalan tidak dapat dianalisis dengan baik. "Karena itu kita datang untuk membantu secara keilmuan, memberi rekomendasi bisa melalui konsultasi dan pengamatan," imbuhnya. (adv/humas)