*Antisipasi Banjir

Lurah Bagan Barat Pimpin Goro Massal

Fhoto bersama warga saat melakukan Goro Massal

BAGANSIAPIAPI - Lurah Bagan Barat Kecamatan Bangko, Andika Pratama langsung turun kelapangan meminpin Gotong Royong (Goro) massa yang di lakukan di kelurahan tersebut. Goro yang di pusatkan di setiap RT ini bertujuan untuk menghindari banjir yang akan datang diakibatkan musim hujan di wilayah Kabupaten Rokan Hilir.

Lurah Bagan Barat, Andika Pratama, Minggu (22/11) kemaren disela-sela memimpin goro massal mengatakan, Goro massal ini dilakukan atas inisiatif warga kelurahan bagan barat terutama yang berdomisili dijalan utama pelabuhan nelayan. Gotong royong (Goro) massal untuk membuka tali air yang tersumbat oleh tingginya pasang surut yang naik kepemukiman warga. Goro massal yang diikuti oleh ratusan masyrakat dari lima rukun tetangga (RT) itudipusatkan didaerah yang dianggap rawan terjadinya bencana banjir."Sebagaimana yang kita diketahui pelabuhan nelayan ini setiap tahunnya menjadi langganan bencana banjir, hal ini tersumbatnya tali air yang membuat air tergenang dijalan dan pemukiman warga,"katanya.

Diterangkan Andika, akibat guyuran hujan deras yang hampir setiap hari diawal bulan lalu membuat jalan menuju kepelabuhan nelayan telah digenangi air. Akibatnya, masyrakat sangat kesulitan untuk melewati jalan tersebut. Nah, makanya kita melakukan goro massal ini dengan tujuan agar genangan air yang ada dijalan itu bisa cepat turun kesungai, "harapnya.

Dilanjutkan Lurah termuda ini, dirinya memuji masyrakat pelabuhan nelayan yang hidup rukun serta terlihat sangat kompak dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, "saya lihat masyrakat nelayan sangat kompak dalam melakukan pembukaan tali air, nah momen ini tentunya selain menjalin kekompakan juga bisa dimanfaatkan untuk menjalin tali silaturahim, "tutur Andika.

Andika juga berharap kegiatan goro ini bisa dilakukan oleh masyrakat secara berkelanjutan agar lingkungan terlihat bersih dan rapi. Dengan membiasakan hidup bergotong royong, maka sangat kecil kemungkinan terjadinya bencana banjir. Selain itu, goro juga salah satu menghindari datangnya berbagai penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), penyakit kulit, dan penyakit lainnya, "tukasnya.

Goro massal itu tampak diikuti oleh Babinsa Bagan Barat, Kepala Pos Polisi Pelayanan Pelabuhan (KPPP), Ketua RT 01, 02 , 03, 04 dan Ketua RT 024 serta Ratusan Masyrakat Pelabuhan Nelayan lainnya. (adv/hms/di)