Sosialita

Makan Cokelat Dua Kali Seminggu Saja Untuk Jaga Kesehatan

Jakarta : Siapa bilang menjaga kesehatan sulit? Kesehatan bukan cuma sekedar melakukan aktivitas olahraga, tidur yang cukup dan makanan bergizi. Tapi suasanan hati yang nyaman dan tidak stres juga dapat mengurangi penyakit.
 
Salah satu cara yang menyenangkan dalam menjaga kesehatan yaitu makan cokelat. Kenapa cokelat? karena makan cokelat dipercaya bisa membuat hati nyaman dan memperbaiki mood seseorang. 
 
Seperti dikutip dari buku 'Makan Sehat Hidup Sehat', pakar gizi dari Institut pertanian Bogor (IPB) Prof. dr. Ali Khomsan menuliskan kalau cokelat merupakan alternatif makanan dalam menjaga kesehatan.
 
"Sering timbul pertanyaan pada saya mengenai seberapa banyak kita boleh mengonsumsi cokelat. Saya bilang memang tidak ada anjuran gizi yang pasti untuk ini. Tapi setidaknya makan cokelat dua kali seminggu atau minum susu cokelat tiap hari masih bisa diterima," ujar Prof Khomsan, seperti ditulis Minggu (26/5/2013).
 
Prof Khomsan juga menuliskan bahwa cokelat memiliki banyak penggemar. Hebatnya, cokelat tidak akan menimbulkan kecanduan. Hanya saja bagi sebagian orang, rasa cokelat yang enak mungkin menyebabkan kerinduan untuk mengonsumsinya kembali.
 
"Ini yang disebut chocolate craving. Dampak cokelat akan memengaruhi perilaku dan suasa hati (mood) sehingga orang rindu. Rindu cokelat karena aromanya, teksturnya, manis pahitnya, dan sebagainya," katanya.
 
Hal ini juga dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine yang merupakan substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian akan menghasilkan dophamine.
 
"Dophamine inilah yang membuat seseorang bisa merasa senang. Bukan hanya itu, phenylethylamine juga dikaitkan dengan kemunculan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta,"tulisnya.
 
Prof Khomsan menambahkan bahwa prinsip gizi sebenarnya mudah. "Makanlah segala jenis makanan secara moderat untuk mendapatkan khasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh".(rep03)