Sosialita

Robot Pintar Ini Digerakkan oleh Ponsel

Las Vegas-Bayangkan jika ponsel pintar bisa menjadi asisten Anda atau babbysitter. Hal itu adalah sebuah ide dari robot yang diberi nama R.bots Synergy SWAN. Robot ini merupakan robot yang bekerja dengan perangkat Android atau iOS.

Untuk membuat robot berfungsi, Anda hanya perlu menyangkutkan ponsel pintar atau komputer tablet. Perangkat akan bergerak saat disangkutkan pada penyangga yang dilengkapi roda. Lalu robot akan berinteraksi dengan hal-hal di sekitarnnya.

Robot itu masih dalam bentuk prototype. Tapi, R.bots sudah bisa menunjukkan aksinya dalam konferensi CTIA Wireless pada pekan ketiga Mei 2013 di Las Vegas.

Robot itu bisa melihat manusia yang berada di sekitarnya serta berinteraksi, layaknya berinteraksi dengan Siri. Bedanya, berinteraksi dengan R.bot benar-benar seperti berinteraksi dengan robot  dengan wajah manusia digital.

Ada juga prototipe aplikasi untuk berbelanja dan mengganti pelayan toko yang mungkin belum pernah ada sebelumnya.

Dalam demonstrasi, R.bot telah diprogram untuk bisa wara-wiri di toko elektronik. Robot itu memberitahu pembeli yang datang, menyapanya, dan bisa menjawab pertanyaan simpel tentang produk yang ada. Selain itu, R.bot juga bisa memutarkan video demonstrasi produk.

R.bot selain bisa sebagai asisten, nantinya juga bisa digunakan sebagai babbysitter. R.bot bisa mengawasi bayi, memutarkan video yang merekam kegiatan bayi misalnya jika si bayi terangun dari tidur, R.bot akan memberitahu Anda.

Masih banyak lagi manfaat dari R.bot. Misalnya, sebagai pelayan restoran, atau menjadi pemandu museum yang bisa menyamapaikan informasi tertentu.

R.bot akan segera dikirimkan pada 2013 ini. Tapi, belum ada pengumuman tentang harga robot unik itu. (rep05)