Sosialita

Ilmuwan Klaim 100 Ribu Asteroid Sebesar Gunung Ancam Bumi

Ilmuwan Rusia mengklaim saat ini ada asteroid sebesar gunung yang mendekati Bumi, dan itu ternyata hanya salah satu dari 100 ribu benda lain yang juga tak kalah berbahaya.

Natan Esmant, pakar astronomi dari lembaga riset antariksa Moscow membenarkan hal itu. Itu percaya masih ada ratusan ribu benda lain yang dalam beberapa tahun ke depan bisa menghantam Bumi.

"Setiap beberapa hari ada satu benda yang terdeteksi. Ilmuwan terus mempercanggih peralatan mereka untuk melakukan ini, tapi pekerjaan mereka masih sangat banyak," kata Esmant, seperti dikutip dari Csmonitor, Rabu (10/12/2014).

Sejauh ini tercatat ada sekitar 100 ribu benda langit yang berpotensi mengancam Bumi, dan para ilmuwan baru bisa mengenali sekitar 11 ribu di antaranya.

"Setiap objek yang bergerak melintas di orbit Bumi bisa sangat berbahaya," tambah Esmant.

Sejak pristiwa asteroid yang meledakan desa Chelyabinsk bulan Februari 2013 lalu, Rusia memang semakin berhati-hati terhadap pergerakan benda langit. Menurut Roscosmos, badan antariksa Rusia, mereka memang sedang mengembangkan alat khusus untuk mendeteksi ancaman dari luar angkasa. (cr01/cnn)