Riau Raya

Debu Letusan Sinabung Buat Harga Cabai di Riau Makin Pedas

Pekanbaru-Bencana meletusnya Gunung Sinabung di  Kabupaten Karo, Sumatera Utara menjadi salah satu penyebab harga cabai merah di berbagai wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau sampai saat ini terus melambung, bahkan mencapai Rp100.000 per Kg.
 
"Seperti diketahui, bahwa hasil pertanian warga Sinabung di Tanah Karo dipasok ke berbagai wilayah, salah satunya Riau, termasuk cabai," kata  Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo di Pekanbaru, Jumat.
 
Sebelumnya Dirjen memimpin Tim Terpadu Pengawasan Barang Beredar (TPBB) yang merupakan perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kemendag, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Mabes TNI Angkatan Darat, dan Bareskrim Mabes Polri, serta Badan Intelejen Negara (BIN) telah melakukan operasi barang beredar di sejumlah lokasi di Pekanbaru.
 
Berkaitan dengan melambungnya harga cabai, lanjut Widodo, sejauh ini bukan karena disebabkan rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi.
 
"Namun itu lebih disebabkan gangguan distribusi seperti hasil pertanian Kabupaten Karo yang menyusut setelah bencana letusan Sinabung," katanya.
 
Dilaporkan, kenaikan harga cabai merah terjadi di berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau termasuk di ibu kota Pekanbaru.
 
Kalangan ibu rumah tangga mengeluh karena harga cabai terus melambung hingga berada pada batas paling tidak wajar yakni Rp100.000/kg.
 
Harga tersebut jauh meningkat dibanding biasanya dimana harga cabai merah hanya Rp20 riibu/kg.
 
Kalangan pedagang di sejumlah pasar tradisional mengatakan kenaikkan harga cabai merah telah terjadi sejak satu pekan terakhir dan terus bergerak naik.
 
Para pedagang pengecer cabai juga mengaku kesulitan untuk mendapatkan salah satu jenis bahan kebutuhan pangan tersebut dari distributor karena stok yang terbatas.
 
Pemerintah daerah setempat menyatakan akan segera membuka peluang impor cabai merah jika kenaikkan harga terus terjadi dalam beberapa pekan ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan dan menyeimbangkan harga pasar. (rep05/ant)