Riau Raya

Pengumuman Tes CPNS Riau Diundur 13 Oktober

Pekanbaru-Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau mengundur pengumuman hasil tes administrasi calon pegawai negeri sipil menjadi tanggal 13 Oktober 2014, atau mundur empat hari dari jadwal semula.

"Awalnya memang kita tetapkan 9 Oktober, namun belakangan kita sepakati 13 Oktober nanti karena belum semua selesai melaksanakan verifikasi berkas secara online," kata Kepala BKD Riau, M. Guntur kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan, pengunduran jadwal pengumuman hasil tes telah disepakati bersama dalam rapat koordinasi dengan BKD kabupaten/kota. Untuk mekanisme pengumuman hasil tes, lanjutnya, diserahkan sepenuhnya kepada kabupaten/kota.

"Kalau khusus Pemprov Riau, kita gunakan website resmi bkd.riau.go.id," ujarnya.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Zaini Ismail, mengingatkan agar pelamar CPNS untuk tidak menggunakan calo yang menjanjikan bisa membantu meloloskan tes CPNS dengan imbalan bayaran.

"Sekali lagi kita ingatkan, jangan sekali-kali percaya kepada orang yang mengaku bisa meluluskan jadi CPNS. Itu bohong saja,"kata Zaini.

Ia mengakui, bahwa pengumuman hasil tes administrasi CPNS akan menjadi peluang bagi calo untuk menipu korban. Sebabnya, setiap pelamar CPNS yang tidak lulus tes administrasi secara otomatis tidak akan bisa melanjutkan tes berikutnya.

"Ini yang kami takutkan dari calo ini karena masih banyak daerah yang belum mengumumkan hasil tes administrasi itu," katanya.

Sebelumnya, BKD Riau menyatakan panitia lokal telah menerima 14.807 berkas dari pelamar CPNS 2014. (cr01/ant)