Sport

Lawan Tim Barca B, Timnas Indonesia U-19 Dihujani Setengah Lusin Gol

Barcelona-Timnas Indonesia U-19 dihujani setengah lusin gol tanpa mampu melesakkan bola balasan ke gawang Barcelona B. Gol Barcelona dilesakkan oleh mantan pemain Arsenal Thomas Vermaelen, dwigol Luis Suarez, David Babunski, Javier ‘Bicho’ Fernandez, dan Maxi Rolon.
 
Di babak pertama, Barcelona B langsung memainkan Luis Suarez dan Thomas Vermaelen melawan Tim Nasional Indonesia U-19, bersama dengan Alen Halilovic, Wilfrid Kaptoum dkk. Semenara Indra Sjafri memainkan susunan pemain terbaiknya. Mulai dari Ilham Udin, Maldini Pali, Evan Dimas, Hargianto, Hansamu Yama dkk. 
 
Laga yang dimainkan di Ciutat Esportiva Joan Gamper ini dimulai dengan penguasaan bola yang langsung diambil Barcelona B. Bahkan Evan Dimas dkk sudah harus tertinggal di menit ketiga melalui gol yang dicetak oleh Thomas Vermaelen.
 
Eks-kapten Arsenal ini melakukan overlap ke depan dan dengan mudah menanduk bola hasil umpan silang David Babunski. Skor 1-0 untuk Barcelona B.
 
Ravi Murdianto! Dua kali berturut-turut ia melakukan penyelamatan gemilang atas tendangan Halilovic dan tandukan Kaptoum yang menyambut sepak pojok rekannya di menit ke-7 ini.
 
Indonesia benar-benar tidak diberi ruang untuk membangun serangan dengan baik oleh para pemain Barcelona. Kembali empat menit berselang, Barcelona B mencetak gol. Kali ini gol diciptakan oleh Suarez yang mendapatkan assist dari Halilovic.
 
Eks-penyerang Liverpool ini pun membuktikan kelasnya sebagai penyerang dunia, dan memanfaatkan satu kesempatan yang ia miliki untuk menceploskan bola ke dalam gawang Ravi Murdianto tepat di pojok kiri gawang Timnas U-19. 2-0 Barcelona menjauh.
 
Pergerakan Halilovic yang kerap dijuluki Lionel Messi dari Kroasia sangat menyulitkan pertahanan Timnas U-19. Barcelona B bahkan kembali mencetak gol di menit 26 saat Juan Camara memberikan bola kepada Bambunsky. 
 
Tanpa ampun, pemain asal Makedonia ini langsung melesakkan bola ke pojok kanan bawah gawang Indonesia. 3-0 Indonesia kian tertinggal. 
 
Pressing ketat yang identik dengan permainan Barcelona saat bertahan, terlihat pada pertandingan di babak pertama ini. Indonesia sulit membangun serangan dan keluar dari second line, karena terlalu mundur ke belakang dan bertahan. Permainan Indonesia pun sulit berkembang, skor berakhir 3-0 di babak pertama ini.
 
Indonesia langsung tancap gas! Dinan Yahdian Javier membuat Fabrice Ondoa melakukan penyelamatan pertamanya pada pertandingan ini. Sepakan bola Dinan sempat terdefleksi sebelum ditepis Ondoa.
 
Garuda Jaya mulai membangun serangan dengan baik di babak kedua ini, sementara Barcelona menurunkan tempo pertandingan dan banyak memainkan memainkan bola.
 
Gol kembali terjadi di babak kedua ini, berawal dari kontrol bola yang kurang oleh Hargianto. Bola langsung dicuri pemain Barcelona yang langsung diberikan kepada Javier ‘Bicho’ Fernandez. Ia pun menceploskan bola melewati kaki Murdianto di menit ke-65 ini. 4-0 bagi Barcelona B.
 
Suarez kembali membuktikan kualitasnya dua menit berselang. Bomber Uruguay ini menunjukkan aksi individunya dengan melewati satu pemain bertahan dan menceploskan bola ke gawang Indonesia. 5-0 Suarez mencetak dua gol.
 
Pesta gol Blaugrana muda tak terhenti dengan lima gol. Kali ini Maxi Rolon yang ikut mencatatkan namanya di papan skor, setelah Hansamu Yama terlihat handball di kotak 16. Rolon yang ditunjuk menjadi eksekutor, menyelesaikan tugasnya dengan baik. 6-0 Barcelona B unggul jauh. 
 
Hingga laga berakhir, tidak ada gol yang diciptakan Timnas U-19 dan skor pun berakhir dengan skor 6-0 untuk superioritas Barca.
 
Susunan Pemain:
 
Barcelona B: Fabrice Ondoa, Luis Suarez, Pol Cavet, David Babunski (Maxi Rolon), Macky, Gerard Gumbau, Juan Camara,  Thomas Vermaelen (Javier Fernandez ‘Bicho’ 62’), Alen Halilovic, Robert Costa, Wilfrid Kaptoum
 
Timnas U-19: Ravi Murdianto, Putu Gede (Mahdi Albaar 58’), Fatchu Rochman (Ricki Fajrin 83’), Evan Dimas, Hargianto (Ichsan Kurniawan 81’), Dinan Yahdian Javier, Sahrul Kurniawan, Maldini Pali (Zulfiandi 47’), Hansamu Yama, Paulo Sitanggang, Ilham Udin Armaiyn (rep05/okz)