Sport

Gara-gara Tampar Wasit, Simeone Ditunggu Sanksi Berat

MADRID – Perkara ‘tamparan’ pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone kepada wasit keempat, Antonio Santos di Piala Super Spanyol kontra Real Madrid, nampaknya masih berlanjut. Kabarnya pelatih energik itu akan mendapat larangan empat kali mendampingi tim.
 
Melayangnya tangan Simeone terjadi saat laga baru berjalan 26 menit, saat itu Rojiblancos sedang unggul satu gol yang diciptakan Mario Mandzukic di menit kedua. Sebelumnya Simeone sempat adu argumen dengan beberapa ofisial wasit, reflek tangan pria Argentina itu berujung dengan pengusirannya dari pinggir lapangan oleh wasit David Fernandez.
 
Walau telah meminta maaf, proses hukum atas tindakan tidak terpuji itu tetap berjalan. Media Spanyol, Marca, Minggu (23/8/2014) melaporkan bahwa LFP (Badan La Liga) cenderung memberikan sangsi berat kepada Simeone, yaitu larangan mendampingi tim selama empat laga.
 
Hal ini merujuk pada peraturan telah disepakati, tepatnya pada pasal 114. “Siapa saja yang mendapat kartu merah, apakah itu pemain atau pelatih harus pergi meninggalkan lapangan dan tidak dapat menyaksikan pertandingan dari bangku penonton. Jika melanggar, dapat dikenakan hukuman larangan bermain satu sampai tiga pertandingan.”
 
Masih menurut Marca, normalnya larangan tiga pertandingan akan berarti seorang pelatih akan menjalani hukumannya di kompetisi yang sama. Namun, peraturan Liga menyebutkan yang bersangkutan dapat dikenakan larangan empat pertandingan, jika hukuman ini diaplikasikan pada kompetisi yang berbeda.
 
Jika hal ini benar terjadi maka Simeone akan absen di pinggir lapangan pada empat laga awal Atleti di La Liga 2014-2015. Empat laga itu meliputi laga kontra Rayo Vallecano (tandang), Eibar (kandang), Real Madrid (tandang), dan Celta de Vigo (kandang). (rep05)