Sport

Xavi Putuskan Pensiun dari Timnas Spanyol

Madrid-Xavi Hernandez memutuskan pensiun dari sepak bola internasional. Dengan demikian, playmaker tersebut takkan mengenakan lagi kostum tim nasional Spanyol ketika mempertahankan gelar Piala Eropa di Perancis pada 2016 mendatang.
 
Xavi mengumumkan keputusannya tersebut pada Selasa (5/8/2014), di usianya yang sudah 34 tahun. Pemain Barcelona ini terbilang pemain yang ikut membawa La Furia Roja meraih kesuksesan sejak meraih gelar Piala Eropa 2008, karena total dia mencatat caps 133 dengan koleksi 13 gol. Xavi termasuk gelandang terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki El Matador.
 
Ya, bersama Andres Iniesta, Xavi menjadi pilar penting di lini tengah Spanyol. Bahkan ketika mereka menjuarai Piala Eropa 2008, yang sekaligus mengakhiri mimpi selama 48 tahun untuk kembali merasakan kenikmatan menjadi penguasa Eropa, Xavi dan Iniesta merupakan aktor terciptanya tika-tika sehingga duet pemain Barca itu dikenal dengan sebutan Xaviniesta.
 
Setelah itu, Spanyol tak tertahankan. Mereka menguasai dunia selama enam tahun karena El Matador menambah koleksi gelar major dengan menjuarai Piala Dunia 2010 serta mempertahankan trofi Piala Eropa 2012. 
 
Sayang, ambisi untuk mencetak sejarah dengan mempertahankan gelar Piala Dunia 2014 gagal terwujud, karena Spanyol langsung tersingkir di fase grup. Tak seperti di tiga turnamen major sebelumnya di mana Spanyol terus berjaya, kali ini Xavi tak selalu jadi pilihan utama pelatih Vicente del Bosque.
 
"Saya sudah memutuskan untuk pensiun dari sepak bola internasional. Saya merasa bersyukur atas tahun-tahun itu. Itu merupakan momen yang sangat fantastis," ujar Xavi kepada para wartawan. (rep05)