Sport

3-1 Kalahkan Kroasia, Meksiko Temani Brazil ke 16 Besar

RECIFE – Monoton di 45 menit pertama, tapi gol demi gol tercipta di babak kedua. Empat gol yang tercipta di laga ini dicetak dalam rentang waktu 17 menit. Meksiko memenangi pertandingan dengan skor 3-1 atas Kroasia.
 
Atas hasil ini, sekaligus membawa wakil Zona Concacaf itu maju ke babak 16 besar menemani Brasil yang menjadi juara Grup A. Pasalnya, di saat yang sama Selecao mencukur Kamerun 4-1.
 
Jalannya Pertandingan:
Pertandingan langsung berjalan panas di menit awal. Buktinya di menit kedelapan, Ivan Rakitic melakukan tekel keras terhadap Jose Vazquez. Kartu kuning pun keluar dari kantong wasit untuk pemain anyar Barcelona itu.
 
Kroasia, yang membutuhkan hasil sempurna, bermain begitu ngotot dengan melakukan pressing ketat. Sebaliknya, Meksiko cenderung bermain dengan tempo lambat tapi efektif.
 
Di menit ke-15, peluang emas pertama tercipta. Gelandang Meksiko, Hector Herrera, melepaskan tendangan jarak jauh. Sayangnya, bola membentur mistar.
 
Giliran Kroasia membalas. Melalui pola permainan apik, Ivan Perisic melakukan kerja sama yang baik dengan Mario Mandzukic. Kemudian, Perisic melepaskan tendangan voli keras, sayangnya bola hanya menyamping di gawang Guillermo Ochoa.
 
Setengah jam laga berjalan, belum ada tim yang begitu mendominasi. Bola lebih banyak bergulir di tengah lapangan, malah cenderung monoton. Namun, Kroasia cenderung larut dalam arus permainan Meksiko.
 
Sejak laga tersisa sepuluh menit hingga datangnya masa jeda, belum ada lagi peluang-peluang emas yang diciptakan kedua tim. Paruh pertama, skor masih 0-0. 
 
Jalannya pertandingan belum banyak berubah, dimana 10 menit pertama babak kedua belum ada peluang berbahaya yang diciptakan kedua tim.
 
Niko Kovac menurunkan gelandang serang, Matteo Kovacic, untuk menggantikan pemain belakang, Sime Vrsaljko . Ini pertanda bahwa pelatih Niko Kovac mulai memainkan permainan menyerang. Dari kubu Meksiko, Javier Hernandez diturunkan untuk mengistirahatkan Giovani dos Santos. 
 
Meski menerapkan strategi menyerang, Kroasia justru terus digempur. Di menit ke-64, Meksiko hampir mencetak angka. Untung ada Verdan Corluka yang menyapu bola tepat di garis gawang. 
 
Rafael Marquez memperberat langkah Kroasia untuk memenangi pertandingan. Sundulan sang kapten merobek gawang Pletikosa di menit ke-72.  
 
Berawal dari tendangan penjuru Andres Guardado, Marquez tanpa kesulitan menanduk bola yang langsung masuk ke gawang Kroasia. Skor berubah untuk keunggulan Meksiko 1-0. 
 
Tak puas dengan satu gol, Guardado menyumbang gol untuk Meksiko di menit ke-75. Gol tersebut membuat skor berubah menjadi 2-0.
 
Berawal dari serangan balik cepat yang dibangun penggawa Meksiko. Dari sisi kanan, Peralta melepaskan umapn tarik yang tidak disia-siakan oleh Guardado, sekaligus merubah skor yang membuat kubunya semakin di atas angin.
 
Tak lama berselang, Meksiko mencetak gol ketiga lewat Hernandez di menit ke-82. Marquez menyundul bola ke belakang dari tendangan pojok, lalu yang disambut dengan baik oleh Hernandez. Skor semakin jauh menjadi 3-0.
 
Akhirnya Kroasia mencetak gol. Ivan Perisic menjadi pemecah kebuntuan kubunya lewat gol yang dicetaknya di menit ke-87. Melakukan kerjasama apik dengan Ivan Rakitic, pemain Wolfsburg itu mampu mencetak gol dari sudut sempit dan merubah skor 3-1. Gol itu adalah gol terakhir yang tercipta di laga ini.
 
Susunan Pemain:
Kroasia: Pletikosa; Srna, Corluka, Lovren, Vrsaljko/Kovacic; Rakitic, Modric, Pranjic/Jelavic; Perisic, Olic/Rebic, Mandzukic
 
Meksiko: Ochoa; Aguilar, Rodriguez, Marquez, Moreno, Layun; Guardado/Fabian, Vazquez, Herrera; dos Santos, Peralta/Pena (rep05/ozc)