Nasional

Wuih, Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Sudah Habis

Jakarta-Antusiasme masyarakat yang akan mudik Lebaran dengan naik kereta api terus meningkat. Sejak jauh-jauh hari mereka berlomba mencari tiket moda transportasi darat itu.
Masyarakat khawatir tak bisa pulang di hari raya untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.
 
Terbukti, dua bulan jelang Hari Raya Idul Fitri --yang jatuh pada 28-29 Juli 2014-- tiket untuk pemberangkatan hingga H-10, ludes terjual. Baik kereta api reguler maupun tambahan.
 
Untuk gambaran, baru dibuka enam menit, tiket tambahan perjalanan kereta mudik H-3 sudah ludes. Tiket tambahan ini bisa dipesan secara online sejak Kamis dinihari, pukul 00.00 WIB.
 
Meski sudah habis, warga masih penasaran, mereka mencari peruntungan untuk mendapatkan tiket kereta api mudik. Pantauan VIVAnews, Jumat 16 Mei 2014, antrean calon penumpang memadati Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur.
 
Nugraha (36 tahun) mengaku sudah berada di Stasiun Jatinegara sejak pukul 08.30 WIB untuk mencari tiket kereta api Kertajaya jurusan Pasar Senen-Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur.
 
Dia mengaku sudah berusaha untuk memesan tiket via online, namun tidak terlalu paham caranya. Apalagi, kata dia, situs PT Kereta Api Indonesia (KAI) suka error saat diakses.
 
"Makanya saya datang langsung, kali saja dapat tiket," kata Nugraha.
 
Nugraha sangat berharap mendapatkan tiket agar bisa berkumpul dengan keluarga, baik tepat hari raya maupun sesudahnya.
 
Setali tiga uang. Widyawati (28 tahun), warga asli Lamongan, masih terus berusaha mencari tiket mudik Lebaran. Dia terlihat menunggu di loket Stasiun Jatinegara, berharap ada tiket mudik ke kampung halamannya.
 
"Saya sih maunya dapat tiket mendekati Lebaran," kata dia.
 
Namun, hingga sore hari, dia belum juga mendapat tiket itu. Widyawati mengaku sudah mencoba untuk memesan tiket melalui online. Namun, tidak berhasil.
 
"Makanya saya ke sini, mudah-mudahan dapat. Saya nggak mau kehabisan," kata dia.
 
Wakil Kepala Stasiun Jatinegara, Sutayat, mengatakan suasana warga yang mencari tiket mudik Lebaran memang sudah ramai sejak Kamis lalu. Hingga saat ini, antrean di loket terus meningkat.
 
Dia menyarankan, sebaiknya warga lebih dulu mengecek pembelian tiket tambahan kereta Lebaran via online. Karena PT KAI telah menyediakan fasilitas layanan tiket via online. 
 
"Setelah itu kan tinggal tukar tiket saja. Data yang di web dengan di setiap stasiun sudah dipastikan sama," ujar Sutayat. 
 
"Untuk yang mau beli tiket ke sini (stasiun) sebaiknya dari pagi. Kalau siang nanti makin ramai, tiket pun pasti sudah banyak yang habis. Tapi kami tetap usahakan setiap penumpang bisa mudik Lebaran nanti," ujarnya. (rep05)