Fokus Rohil

Parpol di Rohil Tak Kampaye di Hari Pertama

BAGANSIAPIAPI - Dihari pertama Kampaye Partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2014 yang ditetapkan oleh KPU Rohil, yaitu Minggu tanggal 16 Maret 2014 kemarin, tidak ada satu pun Parpol Rohil yang melakukan kampaye. Padahal kampanye terbuka dan rapat umum telah dimulai, namun tidak ada satu parpol pun melakukan hal tersebut.
 
Demikian di tegaskan anggota KPU Rohil, Hasan Basri, Minggu (16/3) di Bagansiapiapi. Menurutnya, sesuai kesepakatan bersama Parpol di Rohil bahwa kampeye terbuka dan rapat umum parpol telah di mulai hari ini, termasuk secara nasional. namun belum ada parpol satu pun yang memberitahukan akan mengadakan kampaye terbuka ke KPU.
 
"Untuk hari pertama kampaye umum ini tidak ada Parpol Rohil yang melakukan kampaye, hal ini tidak adanya pemberitahuan kampaye ke KPU tentang melakukan kampaye maupun menyampaikan Tim kampaye hari ini," ujar Hasan Basri.
 
Dia mengatakan, sesuai jadwal dan keputusan KPU, jadwal Parpol yang melakukan kampaye di hari pertama ini sebanyak tiga Parpol yaitu Partai PDIP, Partai Gerindra, dan Partai Nasdem. Namun tidak ada ketiga parpol tersebut memberitahukan kampaye dan rapat umum ke KPU,"di hari pertama kampaye ini belum ada parpol mengadakan kampanye, walupun demikian KPU tidak bisa membuat apa-apa karna kampaye hak masing-masing Parpol, boleh mengadakan maupun tidak,"tegas Hasan.
 
Lebih jauh di katakanya, untuk jadwal kampaye di hari kedua besok akan dilakukan sebanyak dua parpol yaitu Partai PKPI dan Golkar, dengan masing-masing zona yang berbeda yaitu zona 2 PKPI dan zona 4 Golkar,"kedua parpol ini juga kita belum tahu apa melakukan kampaye atau tidak, namun untuk PKPI sudah menyampaikan SK Tim Kampaye ke KPU. Namun belum pasti akan melakukan kampaye,"jelas Hasan.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Partai Gerindra, Gusti Akmal. Mengaku tidak mengetuhui jadwal kampaye yang pasti, namun pihaknya menuding KPU terlalu dekat memberitahukan jadwan kampaye, sehingga terkesan mendesak untuk memberikan jadwal kampanye,"ya, sesuai jadwal partai gerindra melakukan kampaye hari ini, namun kita tidak melakukan kampaye. Karna jadwal yang di sampaikan KPU ke parpol terlalu mendesak. Sehingga kita tidak ada persiapan untuk melakukan kampaye. Dan memilih melakukan sosialisasi masing-masing caleg perdapil,"kata Akmal.
 
Sementara itu, Ketua Parta Nasdem, Zainudin. Di telpon dan di SMS mengenai ketidak melakukan kampaye oleh pihaknya hari tidak di angkat dan di SMS pun tidak di balas.(rep03)