Sport

City Geser Chelsea dari Puncak Klasemen

NEWCASTLE-Manchester City mengambil alih puncak klasemen sementara Premier League dari Chelsea seusai mengalahkan Newcastle United 2-0 di Stadion St James Park, Minggu (12/1/2014). 
 
City berada di puncak klasemen dengan poin 47, unggul satu angka dari Chelsea di posisi kedua. Akan tetapi, posisi tersebut bisa berubah jika Arsenal, yang baru memainkan 20 pertandingan, bisa meraih poin penuh saat menghadapi Aston Villa, Senin (13/1/2014). 
 
Tidak butuh waktu lama bagi City unggul di pertandingan ini. Pertandingan baru berjalan delapan menit, Edin Dzeko sudah sukses membuat pendukung tim tamu bersorak setelah mampu mencatatkan namanya di papan skor.
 
Gol tersebut berawal dari pergerakan Aleksandar Kolarov di sisi kiri lapangan yang kemudian melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Umpan tersebut pun langsung disambar Dzeko untuk mengubah skor 1-0 untuk City.
 
Tertinggal gol cepat Newcastle kemudian berusaha bangkit. Pada pertengahan paruh pertama, mereka bahkan terlihat lebih menguasai jalannya pertandingan dengan beberapa kali menciptakan serangan.
 
Pada menit ke-33, Newcastle mampu menceploskan bola ke gawang City lewat tendangan keras Cheick Tiote. Akan tetapi, wasit menganulir gol tersebut karena menilai salah satu pemain Newcastle berada di posisi offside. 
 
Selepas turun minum, permainan kedua tim semakin terbuka. Beberapa kali kedua kubu juga saling jual beli serangan untuk mencetak gol.
 
City lebih dulu memperoleh peluang melalui Negredo pada menit ke-55. Sayang, upaya itu belum membuahkan hasil karena bola tendangannya masih dapat ditepis cukup baik oleh kiper Newcastle, Tim Krul. 
 
Pada menit ke-69, giliran tuan rumah yang mengancam City. Akan tetapi, meski sudah tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Joe Hart, Loic Remy gagal menceploskan bola ke dalam gawang karena bola tendangannya masih bisa diblok Hart. 
 
City kemudian kembali mendapatkan peluang emas. Akan tetapi, sundulan kepala Fernandinho saat menyambut umpan tendangan bebas masih membentur mistar gawang Newcastle pada menit ke-85. 
 
Pada injury time, tuan rumah terus menggempur pertahanan City. Akan tetapi, upaya itu mampu dimanfaatkan City karena barisan pertahanan Newcastle lengah. Alhasil, Negredo akhirnya mampu memperbesar keunggulan City melalui serangan balik untuk menutup skor 2-0 untuk kemenangan timnya. 
 
Menurut catatan Soccernet, sepanjang pertandingan, City menguasai bola sebanyak 47 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 13 usaha. Adapun tim tuan rumah melepaskan lima tembakan akurat dari 13 percobaan. (rep05)
 
Susunan Pemain:
Newcastle: 1-Tim Krul; 3-Davide Santon, 27-Steven Taylor, 6-Mike Williamson, 13-Mapou Yanga-Mbiwa (19-Massadio Haidara 82); 8-Vurnon Anita (9-Papiss Cisse 73), 24-Cheick Tiote, 4-Yohan Cabaye; 7-Moussa Sissoko, 14-Loic Remy, 11-Yoan Gouffran (10-Hatem Ben Arfa 82)
Pelatih: Alan Pardew
 
Man City: 1-Joe Hart, 5-Pablo Zabaleta, 4-Vincent Kompany, 26-Martin Demichelis, 13-Aleksandar Kolarov, 8-Samir Nasri (7-James Milner 79), 25-Fernandinho, 42-Yaya Toure (14-Javi Garcia 61), 21-David Silva, 9-Alvaro Negredo, 10-Edin Dzeko (15-Jesus Navas 52)
Pelatih: Manuel Pellegrini
 
Wasit: Mike Jones