Nasional

Perkuat industri hilir, Pertamina gencar akuisisi SPBU asing

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik perusahaan asal Malaysia, Petronas yang terletak di Jalan Kalimalang, Jakarta, kini telah berubah rupa. Hal ini terjadi lantaran PT Pertamina telah mengambil alih kepemilikan (reflagging) SPBU tersebut.
 
Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, SPBU Petronas Kalimalang ini telah sepenuhnya dikelola di bawah naungan Pertamina. Saat ini SPBU telah beroperasi melayani kebutuhan akan BBM.
 
"Reflagging SPBU asing di Jakarta, di mana Pertamina telah berhasil mengambil alih sejumlah SPBU asing," ujar Karen di Cepu, Blora, Jawa Tengah, Jumat (13/12).
 
Karen menjelaskan, pengambil alihan SPBU Petronas Kalimalang dijalankan dalam rangka memenuhi target Pertamina untuk memiliki 557 SPBU COCO dan CODO di tahun 2016. Hal ini juga untuk memperkuat posisi Pertamina dalam penyediaan BBM dalam negeri.
 
"Sebelumnya kami berhasil mengakuisisi SPBU asing di Sumatera dan Jawa," terang dia.
 
Selanjutnya, Karen mengatakan, langkah reflagging SPBU asing juga dijalankan dengan tujuan agar Pertamina mampu menjadi pemain terkuat dalam industri hilir minyak dalam negeri. "Proses reflagging ini juga menjadi bukti bahwa menjadi tuan rumah di negeri sendiri bukanlah suatu kemustahilan," ungkap dia.
 
Lebih lanjut, Karen berharap, dengan adanya reflagging SPBU Petronas Kalimalang yang akan disusul di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia dapat memberikan manfaat bagi bangsa.
 
"Semoga proyek ini dapat mengakselerasi perekonomian baik dari segi kesempatan berusaha, pertumbuhan usaha bari, pajak, retribusi maupun dampak dari triangle down effect yang akan menguntungkan bagi semua pihak," pungkas dia. seperti dilansir merdeka.com. (rep10)