Pilgubri Putaran II

Hari Ini, Seluruh Pegawai Diliburkan

Ilustrasi

PEKANBARU - Sesuai instruksi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) putaran II, Rabu (27/11/2013) hari ini, seluruh pegawai baik PNS maupun tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru diliburkan. Pemko juga mengimbau perusahaan swasta juga menjalankan intruksi Pemprov Riau untuk meliburka pegawainya.

"Surat edaran Gubernur Riau yang mengintruksikan meliburkan PNS dan honorer sudah kita serahkan ke Walikota. Keputusannya, PNS dan honorer diliburkan sehari pada Rabu (27/11/2013) besok (hari ini) bertepatan pencoblosan Pilgubri putaran kedua. Kita juga mengimbau perusahaan swasta menjalankan intruksi Pemprov Riau dalam menyemarakkan pesta demokrasi ini," tegas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Hermanius, Selasa (26/11/2013).

Lanjut Kepala BKD Pekanbaru itu, pihaknya juga telah meneruskan surat edaran dalam bentuk intruksi Walikota Pekanbaru kepada seluruh Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD) di lingkungannya.

"Libur bersama ini juga berlaku bagi guru negeri, dan secara otomatis siswa juga diliburkan. Dengan begitu, aktivitas belajar mengajar diliburkan sehari. Sementara, perusahaan swasta tetap kita minta meliburkan karyawannya tetapi setengah hari, tergantung kebijakan perusahaan tersebut," terang Hermanius.

Sementara, Walikota Pekanbaru Firdaus MT, mengharapkan, dengan diberlakukannya libur bersama, tingkat angka jumlah pemilih Pilgubri bisa lebih baik dari sebelumnya. "Kita lihat partispasi pemilih pada Pilgub putaran pertama sangat rendah, yaitu kurang dari 60 persen, maka Pilgubri putaran kedua ini kita harap partispasi masyarakat bisa meningkat dalam meberikan hak suaranya," harap Firdaus.

Tetapi, Firdaus menegaskan libur bersama itu tak dimanfaatkan PNS dan honorer untuk menambah waktu liburnya. "Cuma satu hari. Jangan ada PNS dan honorer coba-coba menambah libur. Kalau kedapatan akan diberikan sanksi," ancamnya. (rep1)