Terkendala Jumlah Cabor

Inhu Tunggu Kepastian Pelaksaan Porprov Riau

Ketua KONI Inhu, Sunardi

PEKANBARU - Tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) masih menunggu hasil final kapan akan dibukanya perhelatan olahraga daerah di Bumi Lancang Kuning itu. Sebab, hasil rapat internal antara KONI Riau dan Inhu, Senin (30/9/2013) di Sekertariat KONI Riau, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, jadwal pembukaan belum ditetapkan waktunya karena masih menunggu tahapan pengusulan jumlah cabor yang akan dipertandingkan.

Dimana, dalam usulan beberapa pengurus cabor, ada 19 cabor usulan untuk dipertandingkan. Meskipun, beberapa cabor seperti, panjat tebing, aeromodeling, dayung dan futsal harus berjuang untuk ikut pesta olahraga lokal tersebut karena terjadi penundaan kesepakatan meski usulan diterima.

Demikian diungkapkan Ketua KONI Inhu, Sunardi usai mengikuti rapat. Di balik itu, untuk cabor biliar kemungkinan dibatalkan karena penilaian masyarakat tentang olahraga ini lebih kearah perjudian.

"Mengenai kepastian pembukaan Porprov belum diputuskan. Hal ini karena terkendala jumlah cabor yang akan dipertandingkan belum final. Sebab, usulan empat cabor seperti, panjat tebing, aeromodeling, dayung dan futsal untuk ikut dipertandingkan masih akan dilakukan pembahasan lagi. Tetapi untuk biliar kemungkinan ditiadakan," ujarnya.

Dalam rapat tersebut, sambungnya, Inhu sebagai tuan rumah Porprov 2013 diminta untuk lebih mempersiapkan sarana dan prasarana penyelenggaraan, terutama masalah penginapan dan akomodasi kontingen dan wasit serta juri. "Jumlah atlet, ofisial dan juri diperkirakan mencapai 6.103 orang. Inilah yang harus kita akomodasi. Sementara, kemampuan hotel yang ada di Inhu hanya mampu menampung 1.200 orang. Makanya menyiasatinya, sisa dari yang di tempatkan di hotel itu kita inapkan di home stay dan rumah-rumah penduduk," terangnya.

Namun demikian, sebutnya, meski belum dapat dipastikan tanggal pembukaan, Sunardi mengatakan, Porprov Riau kemungkinan dilaksanakan pada November nanti. "Ini mengingat bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Sedangkan venue-nya berada dibeberapa tempat berbeda, yaitu Rengat, Rengat Barat, Seibrida dan Lirik," ungkapnya. (rep1)