Gelar Apel Operasi Ketupat

Polres Siagakan 320 Personil Gabungan

GELAR PASUKAN - Kapolres Rohil, AKBP Tonny Hermawan selaku Inspektur Upacara Gelar Pasukan operasi ketupat memeriksa pasukan menghadapi arus mudik Leb

UJUNG TANJUNG - Polres Rokan Hilir menggelar apel Operasi Ketupat, Kamis (1/8) di halaman Mapolres Ujung Tanjung. Hal ini dilakukan untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran dengan mengerahkan sebanyak 320 personil gabungan di tahun 2013.

Apel akbar ini sekaligus mengetahui sejauhmana kesiapan para personil, termasuk sarana prasarana pendukung untuk disiagakan. Sehingga, pengamanan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini diharapkan berjalan dengan baik.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Rohil, AKBP Tonny Hermawan R SIK dengan Komandan Upacara yakni, Ipda Sofyan dan Ipda Parpar. Hadir dalam acara, Camat Bangko, Nur Hidayat, Wakapolres, Kompol Darmawan Marpaung, para Danramil, Kepala Puskesmas Balai Jaya, dr Menti.

Dalam amanat Kapolri, Jend Pol Timur Pradopo yang dibacakan Kapolres, perayaan Idul Fitri merupakan kebiasaan yang dilakukan setiap tahunnya. Dalam pelaksanaan ini, sambungnya, budaya pulang kampung (mudik), dipastikan melibatkan jutaan orang, baik untuk transportasi udara, darat dan laut. Selanjutnya sebagai konsukensi mudik, tentunya akan mengakibatkan kemacetan lalulintas.

"Selain itu, dengan arus mudik, tentunya akan banyak mengakibatkan terjadinya angka kecelakaan yang semakin tinggi. Disamping itu, keramain juga akan terjadi di berbagai tempat wisata, rumah ibadah dan tempat-tempat keramaian lainnya. "Untuk itulah diharapkan masing-masing daerah mempersiapkan dan mengerahkan seluruh personil untuk pengamanan Lebaran, agar situasinya aman dan lancar," jelas Kapolri dikutip Kapolres.  

Sedangkan, khusus di Rohil, jumlah personil yang disiagakan sebanyak 320 orang itu terdiri dari anggota Polres sekitar 215 orang, Satbrimob, 36 orang, TNI 14 orang, Satpol PP 36 orang, Dishub 24 orang, dan Dinas Kesehatan juga akan dilibatkan.

"Ratusan personil ini diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan bakal terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik di semua lini dan lintas sektoral," pesan Kapolres AKBP Tonny Hermawan.

Selain itu, pihaknya bersama yang terlibat telah membicarakan petunjuk teknis tentang larangan kenderaan mobil berat pada H-3. "Bahkan, soal pengutipan sumbangan yang dapat mengakibatkan kemacetan lalulintas di jalan untuk di jalur darat semeskinya ditiadakan dahulu. Sedangkan di jalur laut, dilakukan pengamanan yang sama dan akan di tempatkan seluruh personil yang ada," jelasnya. Usai Gelar Apel bersama, Kapolres juga memusnahkan barang bukti berupa, miras sebanyak 1.828 botol dan Mercon sebanyak 400 buah. (rep1)