Sport

Wenger: Bonjour dan Salam, Indonesia

Jakarta - Arsene Wenger tampak menikmati sambutan dari para pendukung Arsenal begitu tiba di Jakarta. The Professor pun juga tampak santai dan tidak jarang menebar senyum.

Pesawat Boeing 747-200 yang membawa rombongan Arsenal itu mendarat di Landasan Udara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 15.30 WIB, Jumat (12/7/2013). Cuaca sedang cerah, sementara para pendukung Arsenal berteriak menyambut para idolanya itu dari luar gerbang landasan.

Ada 80 orang yang ikut serta dalam rombongan itu, di antaranya 25 orang pemain The Gunners. Wenger adalah yang lebih dulu terlihat. Sang manajer tampak tersenyum dan menikmati sambutan ketika dikalungi bunga di lehernya. Pria jangkung itu mengenakan kaos polo dengan campuran warna merah dan biru tua.

Dia kemudian berjalan memasuki VIP Lounge, di mana dirinya sudah ditunggu banyak jepretan kamera. Dia tidak terganggu. Malahan menyapa para jurnalis, yang juga disempali beberapa penggemar dan petugas Halim Perdanakusuma, dengan sapaan, "Halo."

Tak hanya itu, dia juga mengucap kata dengan bahasa Indonesia ketika mengawali konferensi pers tak lama setelahnya.

"Bonjour. Salam," ucapnya dilansir detik.com.

"Kami senang bisa berada di sini. Saya tahu Arsenal dikenal di sini. Saya harap bisa membagi kebahagiaan lewat gaya sepakbola yang kami cintai di sini," lanjut pria berkebangsaan Prancis itu.

Ketika apakah dirinya, Theo Walcott, dan Jack Wilshere mengenal budaya Indonesia, mengingat dalam video promo-nya mereka memainkan gamelan, Wenger pun bercanda dengan menyerahkan Walcott untuk menjawab pertanyaan itu.

"Oh, jadi ini pertanyaan buat saya lagi? Baiklah," ucap Walcott sembari tertawa.

"Saya pikir, kami ingin merasakan dan menjalani seperti apa kultur tempat yang kami datangi. Saya tidak mau berdiam diri saja di dalam kamar hotel," ucapnya.

Wenger akhirnya menjawab juga pertanyaan itu setelah Walcott menyelesaikan jawabannya.

"Saya pikir, ini pengalaman yang sangat bagus buat para pemain."

"Pemain kami tidak menyadari betapa populernya kami. Banyak orang menyambut kami di sini, dan itu membuat para pemain menyadari betapa populernya mereka dan betapa populernya Premier League."

"Ini juga membuat kami menyadari bahwa ketika kami bermain, maka banyak orang menyaksikan kami. Dan kami ingin membuat orang-orang itu bahagia," ucapnya.

Arsenal akan bertanding melawan Indonesia Dream Team pada hari Minggu (14/7/2013) mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Setelahnya mereka akan terbang ke Vietnam untuk melanjutkan tur mereka di Asia Tenggara.(rep2)