Dispora Siapkan Rp1 Miliar

Hari Ini, Bonus Popnas dan Peparpenas Disalurkan

 

PEKANBARU - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau akan menyalurkan bonus atlet dan pelatih Pekan Olahraga pelajar Nasional (Popnas) dan Pekan Paralipik Pelajar Nasional (Peparpenas) berprestasi, Kamis (24/10/2013) hari ini, di Taman Rekreasi Alam Mayang, Pekanbaru. Tak tanggung-tanggung, bonus itu totalnya Rp1 miliar lebih.
 
Dibagikannya bonus itu pada hari bertepatan menyemangati Hari Sumpah Pemuda ke-85. Hal ini dibenarkan Kabid Olahraga Dispora Riau, Zulkifli Rahman. 
 
Dirinya mengatakan, kegiatan untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda itu sekaligus dilakukan pembubaran Kontingen Popnas dan Peparpenas Riau yang sebelumnya bertarung di Jakarta. "Bonusnya sudah disiapkan. Nilainya cukup besar, jika ditotal mencapai Rp1 miliar lebih," tegas Zulkifli.
 
Secara rinci, terangnya, bonus Popnas yang dikucurkan Dispora sebesar Rp705.250.000. "Untuk atlet peraih emas pada nomor perorangan menerima bonus Rp17.5 juta, perak Rp12.5 juta dan perunggu Rp7.5 juta," terangnya.
 
Lanjutnya, untuk peraih emas beregu, masing-masing atlet mendapatkan Rp7.5 juta, perak Rp5 juta dan perunggu Rp3.5 juta. "Kalau untuk pelatih perorangan akan menerima setengah dari total yang didapat atlet," sambungnya.
 
Lebih jauh, papar Zulkifli, bonus Peparpenas secara total yang disiapkan Rp351 juta. "Untuk atlet perorangan peraih emas Peparnas, mereka mendapatkan Rp12 juta, perak Rp10 juta dan perunggu Rp7.5 juta. Kemudian untuk pelatih peraih emas menerima Rp7 juta, perak sebesar Rp5 juta dan perunggu sebesar Rp3.5 juta," jelasnya.
 
Popnas tahun ini, kontingen Riau berhasil mengumpulkan 10 emas, 12 perak dan 18 perunggu. Sedangkan Peparpenas, kontingen menyumbangkan 13 emas, 4 perak dan 4 perunggu. (rep1)