Sport

Erick Thohir: Tidak Apa-apa Kalau Balgott Tidak Mau Main, Kita Cari Pemain Lain

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan peringatan keras kepada Elkan Baggott.

Jakarta - Soal kabar Ekan Balgott enggan bermain saat dipanggil bermain untuk Timnas Indonesia, mendapat perhatian serius dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Dirinya pun mengharapkan seluruh pemain serius saat dipanggil Timnas Indonesia.

Lebih tegas Erick mengatakan, Timnas Indonesia akan jalan terus untuk mengukir prestasi. Pria yang juga menjabat Menteri BUMN itu menyatakan PSSI akan mencari pemain-pemain yang lain jika menang ada pemain yang tidak ingin membela Tim Merah Putih.

"Saya selalu bilang kita harus punya 2x11 pemain senior, jadi kita harus sama ratanya. Seperti hari ini kita lihat ketika berganti pemain, permainan kita tidak turun. Saya rasa sama. Sekarang ada Justin [Hubner, ada Jay [Idzes], ada [Rizky] Ridho, ada [Muhammad] Ferarri, ada Jordi [Amat], bahkan Nathan [Tjoe-A-On] bisa main ke bawah, Sandy Walsh bisa main ke bawah, cukup tebal," ucap Erick kepada awak media.

"Jadi tentu kita harapkan persaingan pemain ada. Dan saya harapkan juga pemain harus serius, buat semua, ya bukan hanya buat Elkan. Buat semua pemain yang memang setengah-setengah memperkuat tim nasional. Ya, mungkin, prefer mungkin atau dia memilih dengan ya, kita juga enggak mau maksa, tapi kan tim Indonesia akan jalan terus tanpa siapapun, termasuk yang 11 ini. Ya kalau gak mau main, ya kita cari lagi pemain lain yang mau Merah-Putih," katanya melanjutkan.

Baggott tak dipanggil pelatih Shin Tae Yong untuk laga uji coba melawan Tanzania dan dua pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim Garuda akan bersua Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Saat memimpin sesi latihan perdana Timnas Indonesia jelang lawan Tanzania, STY tidak memberikan penjelasan yang gamblang terkait tidak dipanggilnya pemain Ipswich Town tersebut.

"Masalah Elkan mungkin langsung tanyakan kepada Elkan. Elkan yang lebih tahu," ujar Shin dalam latihan pertama Timnas Indonesia, Selasa (28/5) sore.

Baggott sendiri sudah menghapus nama PSSI di bio Instagram miliknya. Ini lantas menimbulkan spekulasi lanjutan mengenai hubungan Baggott dengan PSSI.**