Nasional

Sri Mulyani Masuk 100 Wanita Berpengaruh Forbes

Jakarta-Sri Mulyani masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes. Wanita yang kini menjabat sebagai Direktur Pengelola Bank Dunia tersebut menduduki peringkat ke-55. Peringkat pertama ditempati Kanselir Jerman, Angela Merkel. Tahun ini, Merkel menjadi wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes untuk kedelapan kalinya.

Nama-nama yang sudah langganan masuk daftar Forbes, seperti Hillary Clinton dan Oprah Winfrey, tetap menghiasi daftar wanita berpengaruh versi Forbes tersebut. Tahun ini, Oprah menduduki peringkat 13, sementara Hillary menempati peringkat ke-5. Ratu Inggris Elizabeth II menempati peringkat 40. Penulis kenamaan asal Inggris yang melahirkan buku Harry Potter, J.K Rowling, berada di peringkat 93.

Dari daratan Asia, yang berhasil masuk ke dalam radar Forbes adalah Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, yang menempati peringkat 11. Tokoh asal Myanmar, Aung San Suu Kyi, yang bertengger di peringkat 29, sementara Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, berada di peringkat 31. Beberapa pebisnis wanita Asia seperti Zhang Xin, Sun Yafang, dan Solina Chau juga dinobatkan sebagai wanita paling berpengaruh di dunia. (rep05)

Berikut 10 besar dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes:
1. Angela Merkel (Kanselir Jerman)
2. Dilma Rousseff (Presiden Brasil)
3. Melinda Gates (Pimpinan Bill & Melinda Gates Foundation)
4. Michelle Obama (Ibu Negara Amerika Serikat)
5. Hillary Clinton (Menteri Luar Negeri Amerika Serikat)
6. Sheryl Sandberg (COO Facebook)
7. Christine Lagarde (Direktur Pengelola IMF)
8. Janet Napolitano (Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat)
9. Sonia Gandhi (Presiden Kongres Nasional India)
10. Indra Nooyi (CEO PepsiCo)