Nasional

Polri Belum Siapkan Calon Kapolri Pengganti Budi Gunawan

JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Sutarman menyerahkan sepenuhnya proses pencalonan Kapolri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk menyerahkan nama-nama calon bila diminta Presiden untuk menggantikan calon tunggal Kapolri, Komjen Pol Budi Gunawan yang kemarin ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
Namun, Sutarman mengaku Polri hingga kini belum menyiapkan nama pengganti Budi Gunawan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polisi (Kalemdikpol) Mabes Polri itu.
 
"Apapun yang diminta Bapak Presiden tentu kita akan lakukan. Belum mulai menyiapkan nama pengganti," jelas Sutarman kepada wartawan saat ditemui di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (14/1/2015).
 
Menurut Sutarman, dalam proses seleksi nama calon Kapolri sebaiknya diikutsertakan rekam jejak (track record) calon tersebut. Mekanisme tersebut, lanjut Sutarman sudah diatur dalam mekanisme yang dibuat Dewan Kebijakan Jabatan dan Kepangkatan (Wanjak).
 
"Kita punya assesment center, dan di instansi lain itu menggunakan assesment center, tapi tentu Bapak Presiden menggunakan hak prerogatifnya. Kita (Polri) pun loyal," pungkasnya.
 
Polri, menurut Sutarman akan siap bila dalam pemilihan Kapolri nanti Presiden diminta untuk melakukan proses assesment. Mantan Kapolda Metro ini mengaku bila proses assesment telah dilaksanakan Polri dalam menyeleksi jabatan-jabatan tertentu.
 
"Dalam jabatan tertentu kita lakukan assesment dan khusus pemilihan Kapolri bila diminta (Presiden) kita lakukan assesment," tutupnya. (rep01/ozc)