Nasional

JCH Riau Mulai Diberangkatkan ke Embarkasi Batam

PEKANBARU - Mulai hari ini, Kamis (12/9/2013), Jamaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Riau mulai diberangkatkan menuju Embarkasi Batam. Gelombang pertama yang diberangkatkan adalah 280 JCH asal Kota Dumai. Mereka tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 4.

Demikian dikatakan Kasi Informasi dan Dokumentasi Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Defizon, di kantornya, Rabu (11/9/2013). "Mereka diberangkatkan langsung dari Dumai dengan menggunakan kapal ferry cepat," terang Defizon.

Setelah menginap semalam, Kloter 4 akan diterbangkan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam menuju Jeddah, Arab Saudi, Jumat (13/9/2013) sekitar pukul 09.30 WIB. "Keberangkatan mereka ke tanah suci dikoordinir langsung oleh Kantor Kemenag daerah masing-masing," katanya.

Semua Dokumen Administrasi Perjalanan Ibadah Haji (DAPIH), lanjut Defizon, akan dibagikan kepada JCH sewaktu pemberangkatan dari Embarkasi Batam. "Seperti paspor dan visa," terangnya.

Sementara Kabiro Humas Setdaprov, Syahrial Abdi, mengatakan, Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit,  dijadwalkan melepas JCH asal Pekanbaru menuju Tanah Suci, Sabtu (14/9/2013), di Bandara Hang Nadim Batam. "Persiapannya dilakukan sepenuhnya oleh Kemenag. Kita sendiri tak punya persiapan," terang Syahrial, Rabu (11/9/2013).

Pada musim haji tahun ini, kata Syahrial, PNS yang mengambil cuti untuk naik haji sebanyak 230 orang. "Persiapan mereka sudah matang. Petugas sudah diberangkatkan hari kemarin," sebutnya.

Wagubri Mambang Mit mengimbau seluruh JCH menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji di Mekkah. "Kita harapkan jemaah menjaga kondisi badan dari sekarang, karena aktivitas fisik dalam ibadah haji sangat banyak, dan memerlukan persiapan fisik yang matang," ungkapnya. (rep1)