Nasional

AirAsia Diperkirakan Hilang di Belitung dan Tanjung Pandan

Surabaya-Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 8501 diduga hilang di sekitar Pulau Belitung dan Tanjung Pandan. Informasi tersebut secara resmi disampaikan Menteri Perhubungan Igansius Jonan.
 
Berbicara dalam konfrensi pers di Bandara Juanda, Ahad (28/12) pukul 13.00, Jonan menyampaikan, saat ini upaya pencarian pesawat berpenumpang 138 orang tersebut masih dilakukan oleh tim gabungan. 
 
"Pencarian dilakukan oleh TNI, Basarnas, dan SAR Singapura. Kami juga menyampaikan melalui radio kepada kapal-kapal di sekitar untuk memberi pertolongan jika ada tanda-tanda keberadaan pesawat tersebut," ujarnya.
 
Di hadapan keluargakorban dan awak media, Jonan berbicara tak lebih dari lima menit. Menurutnya, informasi yang efektif akan terus diperbarui sejalan dengan perkembangan. "Jangan terlalu berasumsi, yang lebih penting bukan informasinya, tapi upaya pencarian," ujar Jonan.
 
Pesawat AirAsia jenis Airbus A320  bertolak dari Bandara Juanda Ahad (28/12) pukul 05.20 dan dijadwalkan mendarat di Singapura pada pukul 08.30. Pesawat dikabarkan menghilang dari pantauan radar sekitar 06.00. (rep05)