Sport

Neymar Ditunjuk sebagai Kapten Brasil

Brasil - Pelatih tim nasional Brasil, Dunga, telah memutuskan ban kapten tim nasional Brasil dipegang oleh striker Barcelona, Neymar. Meskipun usianya masih 22 tahun, Dunga percaya Neymar akan memimpin timnya dengan baik. Neymar akan menjadi kapten tim pada laga persahabatan melawan Kolombia, Jumat, 5 September 2014.
 
"Sudah diputuskan," kata Dunga, yang berpengalaman menjadi kapten timnas saat Brasil menjadi Juara Dunia 1994. "Dia pemain dengan banyak kualitas, kendati usianya (muda) berpengalaman. Kapten harus menetapkan standar untuk orang lain."
 
Neymar menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang pemain Paris Saint-Germain, Thiago Silva, ketika tim masih ditangani Luiz Felipe Scolari pada Piala Dunia 2014. Sebelum penunjukan, Dunga mengaku telah berbicara dengan Neymar. "Neymar telah memberi respons baik soal itu. Dia adalah pemain yang menyukai tantangan dan ingin menang," ujarnya.
 
Dunga telah membicarakan soal penunjukan itu dengan Neymar saat pertemuan pertama mereka. "Kami mengatakan kepadanya, apa yang kita inginkan. Kami mengatakan kepadanya tentang keuntungan dan kerugian, tentang sejarah dan tanggung jawab yang dibeban," tutur pelatih yang kini memasuki usia 50 tahun.
 
Neymar telah pulih dari cedera punggung yang diperolehnya saat membawa timnya menang atas Kolombia di perempat final Piala Dunia Juni lalu. Dunga juga sudah memutuskan Neymar pula yang akan menjadi kapten pada laga persahabatan kedua melawan Ekuador pada Selasa nanti.
 
Dunga berkeyakinan bahwa Neymar akan bisa memainkan perannya dengan baik untuk jangka panjang. "Setiap kali Brasil menjadi pemenang Piala Dunia, tim melakukannya dengan pemimpin yang memiliki kepribadian hebat. Kita perlu lebih banyak pemain dengan karakteristik kelompok ini, apakah mereka memakai ban kanten atau tidak," kata Dunga. (rep01/tco)