Sport

Gol Messi Selamatkan Argentina Ke Babak 16 Besar

BELO HORIZONTE – Argentina akhirnya memastikan tiket babak 16 besar saat menaklukkan Iran di Estadio Mineiaro, Sabtu (21/6/2014). Gol telat dari Lionel Messi pada menit ke-90+2 menjadi penentu kepastian lolosnya Albiceleste ke babak 16 besar.
 
Argentina dibuat frustasi dengan pertahanan Iran yang tampil solid selama 90 menit pertandingan berlangsung. Sebelum akhirnya La Pulga,-julukan Messi mengeluarkan magisnya dengan gol indah menjelang peluit tanda pertandinga berakhir dibunyikan.
 
Jalannya Pertandingan
Babak pertama dimulai, Argentina langsung memberikan tekanan kepada Iran. Sepertinya mereka bakal memburu gol cepat.
 
Peluang tercipta saat laga berjalan enam menit, Pablo Zabaleta merangsek ke pertahanan Iran hingga kotak penalti lalu memberikan umpan kepada Aguero. Pemain Manchester City itu yang menggiring bola gagal menembak dengan baik karena arah bola masih melebar.
 
Tiga menit berselang Argentina mengurung pertahanan Iran. Sementara empat hingga enam pemain Iran bertahan di belakang. Messi menggiring bola dari sisi kanan, meliuk dan melepaskan tembakan kaki kiri. Tetapi ada bek Iran yang melakukan blok bola.
 
Argentina terus menggempur pertahanan Iran pada menit ke-17, kali ini Argentina punya kesempatan untuk menyerang balik. Lima pemain melawan tiga pemain. Namun umpan Messi yang sangat baik kepada Higuain masih gagal dimanfaatkan.
 
Tim asuhan Alejandro Sabella masih menekan hingga menit ke-25, namun sejauh ini mereka gagal memanfaatkan beberapa peluang. Kali ini bek sayap kiri, Rojo punya kesempatan bagus untuk menyundul bola hasil tendangan sudut. Tetapi arah bola yang dia sundul masih melebar.
 
Lionel Messi mendapatkan tendangan bebas usai dilanggar oleh Teymourian pada menit ke-30. Messi yang menjadi eksekutor tendangan bebas, tapi bola tembakan kaki kiri yang dia lepaskan masih melambung.
 
Iran kini mencoba berbalik menyerang, tetapi Dejagah dijatuhkan. Bola diumpan cepat kepada rekannya tetapi respon bek Argentina sejauh ini sangat baik. Serangan yang dilakukan oleh Iran bersifat sporadis. Sehingga sangat mudah dihentikan. Hingga menit ke-34 skor masih 0-0.
 
Beberapa saat menjelang laga babak pertama usai. Argentina masih terus menggempur pertahanan Iran. Higuain melakukan tembakan keras, tetapi arah bola masih bisa diamankan kiper Iran. Skor kacamata menutup laga babak pertama.
 
Di babak kedua Argentina langsung menekan pertahanan Iran. Namun, Iran sepertinya bakal bermain seperti babak pertama. Yaitu dengan menumpuk banyak pemain di lini belakang.
 
Separuh lapangan dikuasai oleh Argentina yang malam ini tampil ngotot untuk mencetak gol. Aguero dalam posisi ideal untuk menyongsong umpan silang dari Rojo. Namun, sundulan yang dia lakukan masih melebar di laga yang telah berjalan 52 menit.
 
Satu menit kemudian giliran Iran melakukan serangan balik, Reza Goochannejad dalam posisi ideal untuk mengarahkan bola dengan sundulan saat menerima umpan silang dari rekannya. Namun, Romero masih sangat sigap menahan bola.
 
Kembali tim besutan Carlos Queiroz mendapatkan peluang. Gelandang Iran Ashkan Dejagah dijatuhkan Zabaleta di area penalti. Tidak ada penalti yang dia dapatkan di menit 54. Dan Dejagah mencoba memprotes kepada wasit.
 
Di Maria dalam posisi bebas untuk mengirim bola, tetapi Haghighi pada menit ke-69 sangat sigap memotong umpan itu. Iran tetap bisa bernafas lega karena umpan dari tendangan sudut Di Maria tidak ada yang menyambut.
 
Untuk mempertajam lini serang Sabella memasukan dua pengganti yaitu Ezequil Lavezzi dan Rodrigo Palacio menggantikan Gonzalo Higuain dan Sergio Aguero di menit ke-77. Messi dan Lavezzi langsung bekerjasama satu dua, namun saat Lavezzi memberikan umpan tarik kepada Messi, ada dua pemain Iran yang menutup pergerakan.
 
Serangan Argentina kembali dilancarkan pada menit 84, Zabaleta mengirimkan umpan terobosan kepada Palacio. Namun, kiper Iran sudah sangat sigap untuk berlari menyambut bola. 
 
Dua menit kemudian, Iran melakukan serangan balik, dan Ghoochannejhad punya kecepatan untuk berlari. Namun, tembakan yang dia lepaskan bisa diblok Romero. 
 
Akhirnya Messi memecah kebuntuan. Melalui dribble khasnya dari sisi kiri pertahanan Iran, Messi melepaskan tendangan ke sudut gawang Haghighi. Skor 1-0 untuk keuggulan Argentina pada tambahan waktu tiga menit. Dan Albiceleste memastikan lolos ke babak 16 besar setelah wasit meniup peluit panjang.
 
Susunan Pemain:
ARGENTINA XI: Romero, Garay, Zabaleta, Rojo, Fernandez, Gago, Di Maria (Lucas Biglia 90+4’), Mascherano, Aguerro (Lavezzi 76’), Higuain (Rodrigo Palacio 76’), Messi
 
IRAN XI: Haghighi, Sadeghi, Montazeri, Hosseini, Shojaei (Khosro Heydari 76’), Teymourian, Pooladi, Dejagah (Alireza Jahanbakhsh 85’), Nekounam, Hajsafi (Alireza Haghighi 88’), Ghoochannejhad. (rep05/ozc)