Nasional

Yampun, 260 Ribu Orang Tewas di Somalia karena Kelaparan

MOGADISHU - Menurut laporan resmi PBB, hampir 260 ribu jiwa warga Somalia tewas akibat kelaparan parah yang melanda negeri itu mulai 2010 hingga 2012 lalu. Di antara para korban tersebut, separuhnya adalah anak-anak di bawah usia lima tahun.

"Kelaparan dan kekurangan pangan yang parah di Somalia telah merenggut nyawa sekitar 258.000 orang antara Oktober 2010 dan April 2012, termasuk 133.000 anak-anak di bawah lima tahun," demikian laporan tersebut seperti dilansir detikcom, Kamis (2/5).

Laporan bersama tersebut dirilis oleh badan pangan PBB, Food and Agriculture Organization (FAO) dan Famine Early Warning Systems Network (FEWS NET) yang didanai Amerika Serikat. Ini merupakan perkiraan ilmiah pertama tentang berapa jumlah korban tewas akibat kelaparan ekstrem di Somalia.

"Laporan ini mengkonfirmasi bahwa kita seharusnya bisa berbuat lebih banyak sebelum kelaparan terjadi," kata Philippe Lazzarini, Koordinator Kemanusiaan PBB untuk Somalia. "Peringatan-peringatan yang ada sebelumnya saat musim kering pada tahun 2010 tidak mendorong aksi awal yang memadai," imbuhnya.

Oleh PBB, bencana kelaparan di Somalia dinyatakan berakhir pada Februari 2012 lalu. Somalia yang terus dilanda perang saudara selama dua dekade terakhir, merupakan salah satu tempat paling berbahaya di dunia bagi para pekerja kemanusiaan. Somalia juga merupakan negara yang paling banyak membutuhkan para pekerja kemanusiaan. (cr01/mtr)