Riau Raya

Tak Ada Pemadaman Listrik selama Ramadhan dan Piala Dunia

RENGAT-Manager Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Tanah Merah, Kecamatan Pasir Penyu, Adi Candro menegaskan dalam pekan ini spare part yang di import dari Austria bakal tiba di Kabupaten Inhu. Sehingga dipastikan pada bulan Ramadan dan piala dunia mendatang tidak ada lagi pemadaman bergilir.
         
“Ditargetkan jelang bulan Ramadan dan piala dunia mendatang, permasalah listrik sudah dapat diatasi,” ujar Manager PLTMG Lirik Adi Candro, Senin (2/6).
         
Dijelaskannya, dari 7 unit mesin yang ada di PLTMG, sebanyak 2 unit diantaranya mengalami rusak sejak beberapa waktu. Akibatnya PLTMG Tanah Merah hanya dapat menghasil daya 15 MW dari biasanya mencapai 18 MW. "Untuk mengatasi kerusakan tersebut, harus dilakukan pemesanan spare part ke daerah asal mesin tersebut," tuturnya.
           
“Kami dari pihak PLTMG juga tidak ingin kondisi mesin mengalami kerusakan dalam waktu lama. Karena energi yang dijual kepada PLN tidak mencapai target,” ungkapnya.
         
Untuk itu, selama proses perbaikan, pihaknya memohon maaf kepada para pelanggan. Namun demikian, terjadinya pedaman listrik pelanggan bukan semata-mata akibat gangguan di PLTMG. Hal itu bisa saja terjadi pada jaringan yang pada akhirnya berdampak kepada PLTMG. “PLTMG sifatnya menyediakan energi. Sementara untuk jaringan dan pelayanan merupakan kewenangan PLN,” sebutnya, dilansir inhusatu.com.
         
Sementara itu Manager PLN Area Rengat Armunato mengatakan, secara umum kondisi PLTD di Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat dalam kondisi full. “Sejauh ini kondisi PLTD Kota Lama dalam keadaan normal,” ujarnya.
         
Bahkan sebutnya, dalam pekan ini atau setidaknya pada Rabu (4/6) mesin sewa dari Semarang  akan tiba di Desa Kota Lama. Sehingga dengan penambahan itu, akan dapat membantu penambahan daya dari 5 MW menjadi 8 MW. “Mudah-mudahan jelang Ramadan dan piala dunia, kondisi kembali normal dan tidak ada lagi pemadaman,” harapnya. (cr01/isc)