Antisipasi Mers

Pintu Bandara dan Pelabuhan Bakal Dipasangi Termoscanner

PEKANBARU-Sebagai antisipasi agar warga Pekanbaru tidak terserang Virus Mers, Diskes Riau berencana akan memasang Termoscanner (alat pendeteksi suhu badan) di pintu-pintu masuk Bandara dan Pelabuhan.

Meski belum tahu pasti kapan dilakukan pemasangan Termoscanner tersebut, pihak Bandara  SSK II Pekanbaru, menyambut positif langkah antisipasi Diskes Riau terhadap serangan Virus Mers.

"Kami sebagai pihak bandara menyambut baik langkah Dinas Kesehatan tersebut. Dan kalau bisa secepatnya dilakukan pemasangan Termoscanner, paling tidak, kita bisa terbantu mengetahui secara cepat, ada atau tidak penumpang yang diduga terdeteksi Virus Mers," ungkap Manejer Airport Duty Manager SSK II Pekanbaru Hasnan kepada halloriau.com, Kamis (8/5/2014).

Pasalnya, kata Hasnan lagi, sebagai sarana transportasi termegah di Riau, langkah antisipasi dari Dinas Kesehatan sangat diperlukan. Mengingat transaksi setiap masyarakat yang bepergian sangat intensif, dan dikhawatirkan jika ini tidak ditangani secara cepat, maka kejadian warga Bali yang meninggal dunia sepulang dari Mekkah dan terdeteksi terserang Virus Mars bisa saja akan terulang di Riau.

Sementara itu, salah satu warga Pekanbaru mengaku merasa khawatir, dengan pemberitaan mengenai tiga warga Pekanbaru yang diduga terserang Virus Mers. "Kami merasa sangat khawatir, soalnya orang tua kami, rencananya akan melaksanakan ibadah umroh di tanah suci Mekkah, Sabtu (10/5/2014) besok, Sementara, dikatahui Virus Mers itu bersal dari sana," ungkap Ida kepada Halloriau.com, Kamis (8/5/2014).

Sampai saat ini, Ida mengaku belum ada rencana membatalkan keberangkatan "Kami cuma bisa melakukan antisipasi lebih ekstra, agar sesampainya di sana nanti, bisa menjaga kesehatan," tambah Ida. (cr01/hrc)