Sosialita

Iihhh, Doktor Ini Mampu Keluarkan 100 Liter Kotoran Telinga

Apa menurut Anda lubang telinga terlalu kecil hingga tak bisa dimasuki apapun? Jika iya, anggapan Anda salah. Dr Simon Gane, ahli dari Clear Ear Clinic mengungkap bahwa ada banyak benda aneh yang pernah dikeluarkannya dari telinga pasien.

Beberapa di antaranya adalah kancing, huruf dari keyboard telepon genggam, kerikil, atau bahkan siung bawang putih. Pasien percaya bawang putih bisa menangkal infeksi, sehingga menaruhnya di telinga. Selain itu Gane juga pernah menemukan gigi di telinga anak kecil. Anak kecil tersebut menyembunyikannya di sana untuk peri gigi.

Sementara pencapaian terbesar adalah jumlah kotoran telinga yang pernah dikeluarkannya. Dalam setahun Gane bisa mengeluarkan hingga 100 liter kotoran telinga dari pasiennya, seperti dilansir oleh Daily Mail (03/05).

Kotoran telinga terdiri atas lilin, sebum, keringat, dan kulit kering. Kulit dalam telinga manusia adalah satu-satunya yang tumbuh keluar, sehingga bisa membantu mengeluarkan kotoran telinga. Meski begitu, terkadang banyak orang yang tak sadar kotoran dalam telinga mereka telah menumpuk dan berusaha mengeluarkannya sendiri.

Cara-cara yang digunakan kebanyakan orang untuk mengeluarkan kotoran telinga adalah yang seringkali disesalkan oleh Gane. Kebanyakan orang menggunakan cotton bud. Menurut Gane, menggunakan cotton bud justru bisa mendorong kotoran masuk ke dalam telinga dan berbahaya. Terutama jika ini dilakukan sehabis mandi.

Terkadang pasien juga menggunakan alat lain, seperti jepit rambut, jepit kertas, bolpoin, dan ujung bolpoin. Hal ni sangat berbahaya.

"Dokter seringkali bisa mengetahui apa yang digunakan oleh pasien untuk membersihkan telinga mereka karena biasanya hal tersebut meninggalkan bekas. Meski seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang, telinga adalah organ sensitif. Di dalamnya seringkali terdapat goresan atau luka akibat benda-benda yang dimasukkan ke dalamnya," ungkap Gane.

Gane menyarankan agar semua orang tak sembarangan memasukkan benda ke dalam telinga mereka. Selain mencegah goresan, luka, atau infeksi di dalam telinga, benda-benda asing tersebut juga bisa merusak gendang telinga.

Jika tak yakin untuk membersihkan telinga sendiri, tak ada salahnya mengunjungi spesialis atau ahli untuk membantu membersihkan telinga Anda. Daripada Anda salah membersihkan dan menyebabkan kesehatan telinga terganggu. (rep02)