Fokus Rohil

Basis Ketahanan Pangan Perlu Diperkuat

Ketua KTNA Rohil, Alkahfi Sutikno

BAGANSIAPIAPI - Jumlah petani tanaman pangan di sentra pertanian Kabupaten Rokan Hilir mulai berkurang. Indikasi berkurangnya jumlah itu ditandai dengan luas lahan yang menyempit. Sehingga,  basis ketahanan pangan harus diperkuat.

"Petani pangan secara nasional sudah menurun termasuk Rohil, Pada awalnya petani memiliki lahan seluas dua hektar. Setelah alihfungsi, lahan miliki petani itu menjadi sekitar satu hektar. Bahkan, ada yang habis sama sekali. Secara otomatis, petani pangan juga berkurang," ungkap Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Rohil, Alkahfi Sutikno, Rabu (23/4/14).

Menurut Alkahfi, petani hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan atau nelayan, serta pengusaha pertani harus terus didukung memberantas alihfungsi lahan.

"Menyusutnya lahan tanaman pangan tidak harus mutlak yang disalahkan adalah petani. Sebab, alih komoditi petani karena ada beberapa faktor, Seperti infrastruktur pertanian yang tidak memadai, harga gabah, sistem pasca panen dan pasar. Menyusut jumlah petani itu bisa juga disebabkan alihfungsi lahan dan lainnya," beber Alkahfi.

KTNA sendiri, tambah Alkahfi, selalu menjadi mitra petani dan pemerintah agar pata petani selalu mendapatkan program-program  yang dapat kegiatan di sektor pertanian. "Untuk diketahui, pemerintah sudah banyak program untuk petani. Kita juga ingin agar sektor pangan bertahan. Maka perlu adanya subsidi harga gabah dan sisitem tata niaga yang menguntungkan petani. Petani itu adalah kunci dari ketahanan pangan. Yang paling penting, basis ketahanan pangan harus terus
diperkuat," jelasnya.

Mengingat jumlah petani sudah mulai berkurang sementara Kabupaten Rohil sendiri memiliki potensi di sektor pertanian tanaman pangan, tampaknya perlu untuk mendapatkan perhatian serius dari instansi terkait. Diantaranya seperti dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Rohil dan pembinaan dan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Rohil. Hal tersebut sangat perlu dilakukan mengingat Rohil memiliki Kecamatan Rimba Melintang, Pekaitan, Kubu, Kubu Babussalam, Sinaboi, Bangko, Batu Hampar, Bangko Pusako dan sekitarnya yang orientasi kegiatan masyarakat bergerak di sektor pertanian tanaman pangan. (rep1)