Sosialita

Pulau Hantu Ini Bakal Dijual Rp60 Miliar

Poveglia, pulau kecil tak berpenghuni di Laguna Venice dikenal sebagai pulau hantu. Rencananya Pemerintah Italia akan menyewa pulau dan bangunan tua dalam agenda lelang pada Mei mendatang.

Pulau ini hanya seluas 68 meter persegi. Berjarak hanya beberapa menit dari Taman St Mark. Namun terdapat kastil dan biara yang unik dan klasik di dalamnya.

"Poveglia diharapkan laku dan hasilnya bisa mengurangi tumpukan utang negara," tulis Telegraph, dilansir tempo.co, Selasa (15/4).

Pulau ini pernah diperebutkan oleh Venesia dan Genoa. Adapun biaranya dijadikan tempat untuk merawat penderita penyakit menular dan kelainan jiwa. "Pemerintah Italia berharap pembeli pulau ini bisa mengubah rumah sakit berhantu itu menjadi hotel mewah."

Namun pemerintah Italia tidak sepenuhnya menjual pulau itu. Mereka hanya memberikan izin renovasi properti dan sewa kepada pembeli selama 99 tahun. Pulau itu akan tetap menjadi milik negara.

Pemerintah juga akan menjual biara tua di Taranto, Puglia dan puri abad ke-15 di Gradisca d'Isonzo.

Dulu, ketika wabah penyakit pes melanda Italia, beribu-ribu mayat dan penderita yang masih hidup dibuang ke pulau Poveglia. Mayat-mayat tersebut dibakar atau dibiarkan membusuk. Hal ini yang menyebabkan pulau Poveglia disebut berhantu.

Seorang juru bicara agen penjualan Italia menolak memprediksi harga sewa Poveglia dalam pelelangan nanti. Namun ia memperkirakan harga jual biara di Poveglia bisa mencapai 3,8 juta euro, sekitar Rp 60 miliar. (cr01/dc)