Hukum

Maling Motor di Kampar Kritis Diamuk Massa

PEKANBARU -  Sudirman Lase dan Nataeli Gule kritis dihajar massa. Tersangka tertangkap tangan mencuri sepeda motor milik  Samingan, warga Desa Siabu Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Peristiwa terjadi saat malam pasaran di Dusun Sei Abang Kecamatan Salo, Selasa (15/4) sekira pukul 20.30 WIB. Keduanya diketahui warga sedang mendorong sepeda motor yang bukan miliknya dari lokasi parkir.

Warga kemudian berkumpul dan langsung memukuli serta menyeret tersangka. Beruntung Kadus Sei Abang, Wasto, cepat datang ke lokasi untuk menyelamatkan tersangka.

Selanjutnya tersangka dibawa ke dalam ruangan kelas Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) yang berada tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP). Warso lalu menghubungi  Polsek Bangkinang Barat sementara warga semakin ramai berdatangan.

Tak lama berselang, Kapolsek Bangkinang Barat, Iptu RZ. Siregar beserta personil tiba di lokasi kejadian dan berupaya mengevakuasi tersangka.  Namun mengingat jumlah massa yang menunggu tersangka berjumlah sekitar 1.000 orang, Kapolsek berkoordinasi dengan Kabag Ops untuk meminta bantuan pasukan.  

Diberitakan halloriau.com, pada Pukul 23.15 WIB, dengan bantuan pasukan Dalmas Polres Kampar, Brimob, Reskrim Polres dan Polsek yang berjumlah 60 orang, tersangka berhasil dievakuasi ke dalam truk. Melihat hal itu, massa mengejar pelaku dan berupaya menghakiminya.  Akhirnya pelaku berhasil dibawa ke Mapolres  Kampar.

"Keadaan tersangka cukup parah dan dilarikan ke RSUD Bangkinang untuk dilakukan pertolongan medis. Sementara satu tersangka dirujuk ke RS Bhayangkara Jalan Kartini Pekanbaru," ujar Kabis Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, Rabu (16/4).

Selain mengamankan tersangka,  kepolisian juga menyita barang bukti berupa satu buah kunci T yang digunakan tersangka dan 1 unit sepeda motor milik tersangka. "Kasus masih diselidiki Polres Kampar," tutup Guntur. (cr01/hrc)