Sport

Hull City Promosi ke Liga Primer Inggris

LONDON-Hull City secara otomatis meraih tiket promosi ke Liga Primer setelah meraih hasil dramatis 2-2 melawan juara Divisi Championship, Cardiff City, Sabtu (4/5) di KC Stadium. Kepastian tim berjuluk The Tiger itu promosi ditentukan kekalahan pesaing terdekatnya, Watford, di tangan Leeds United dengan skor 1-2

Dengan demikian Hull menemani Cardiff meraih tiket promosi langsung ke liga kasta tertinggi di Inggris tersebut. Di klasemen akhir Championship, The Tiger unggul dua poin dari Watford yang pada akhirnya harus mengikuti playoff bersama tiga tim lain, yakni Brighton, Crystal Palace dan Leicester City.

Pada pertandingan itu sebenarnya Hull  sudah berada di atas angin ketika Nick Proschwitz dan Paul McShane mencetak gol untuk memberikan keunggulan 2-1 atas Cardiff, yang juga sudah memastikan diri promosi. Tetapi Cardiff bisa menyamakan kedudukan lewat penalti Nicky Maynard, yang membuat situasi di kubu tim besutan Steve Bruce ini menjadi tegang.

Akan tetapi, ketegangan tersebut berubah menjadi sukacita tatkala mereka mengetahui bahwa Watford, yang menjadi pesaing untuk memperebutkan satu tiket promosi, kalah 1-2 dari Leeds. Kesalahan dari penjaga gawang debutan, Jack Bonham, membuat wasit memberikan hukuman tendangan penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Ross McCormack.

Playoff akan berlangsung dua leg pada bulan ini. Watford bertemu Leicester sedangkan Brighton menghadapi Palace. Pemenang akan bertemu di final playoff pada 27 Mei di Wembley. Sementara itu, dua tim terbawah, Wolves dan Briston City, harus menerima kenyataan pahit karena harus terdegradasi ke League One. (rep02)