Sport

Dipecundangi Marseille, PSG Urung Pesta Juara

PARIS-Olympique Marseille menunda Paris St Germain menggelar pesta juara Ligue 1. Dua gol Andre-Pierre Gignac membawa Marseille menang 2-1 atas Bastia, Sabtu (4/5), yang membuat mereka masih memiliki sedikit peluang untuk mengejar rivalnya tersebut.

Donasi tiga angka di pekan ke-35 tersebut membuat Marseille mengumpulkan total 67 poin. Dengan tiga pertandingan tersisa, mereka terpaut enam angka dari PSG, yang baru akan bermain pada Minggu (5/5) melawan Valenciennes.

Di sisi lain, kemenangan ini semakin mengamankan posisi Marseille sebagai penghuni peringkat kedua. Kini mereka unggul tujuh poin atas juara tujuh kali Olympique Lyon, yang akan tandang ke Nancy pada Minggu, dan unggul delapan angka atas St Etienne di peringkat keempat.

Dua posisi teratas Ligue 1 akan mendapatkan tiket menuju fase grup Liga Champions, sedangkan peringkat ketiga harus melalui babak kualifikasi untuk meraih tiket babak utama Liga Champions. Itu artinya, Lyon dan St Etienne masih punya peluang mengejar Marseille, meskipun sangat tipis.

Dalam pertandingan di Stade Velodrome itu, Gignac dan Mathieu Valbuena menjadi pusat perhatian. Valbuena menjadi pelayan yang baik, karena dia dua kali memberikan assist, yang semuanya diselesaikan dengan baik oleh Gignac.

Gignac membuat Marseille unggul pada menit ke-12, ketika bola chip-nya tak kuasa dibendung Mickael Landreau. Bastia mencetak gol balasan saat babak kedua baru berjalan satu menit, ketika Florian Thauvin melepaskan tembakan keras dari jarak 25 meter yang tak mampu dibendung Steve Mandanda.

Sembilan menit sebelum pertandingan usai, Gignac memastikan kemenangan Marseille. Menerima umpan panjang Valbuena, dia melepakan tendangan keras yang kembali merobek jala Landreau. (rep02)