Ajax vs Barcelona

Jaga Dominasi Grup

Ajax vs Barcelona
Barcelona FC berharap bisa menjaga dominasi di Grup H Liga Champions, saat bertandang ke markas Ajax Amsterdam, Rabu (27/11/2013) dini hari nanti. Barca hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri sebagai pemuncak di grup ini. 
 
Sejauh ini, Barca tampil digdaya di setiap laga Liga Champions Grup H. Barca telah dipastikan lolos ke babak knock out ketika laga penyisihan grup masih menyisakan 2 laga. Selama babak penyisihan Grup H, Barca hanya sekali ditahan imbang oleh AC Milan dengan skor 1-1, sementara sisanya berakhir dengan kemenangan.
 
Hanya saja laga di Arena Stadium Amsterdam malam nanti dipastikan bakal menjadi laga berat. Pasalnya, Barca tidak diperkuat sejumlah pemain pilarnya. Selain Lionel Messi dan Victor Valdes yang berkutat dengan cederanya, pelatih  Barca Gerardo Martino juga kehilangan Alexis Sánchez, Jordi Alba, Dani Alves, Jonathan dos Santos, Ibrahim Afellay, Cristian Tello, dan bek andalan Andriano. 
 
Messi sendiri masih harus menjalani pemulihan dari cedera hamstring hingga Januari 2014 nanti. Sementara Valdes masih akan absen akibat gangguan pada betis, posisinya bakal diisi oleh Jose Pinto yang tampil apik mencatatkan clean sheet saat Barca membekuk Granada 4-0 akhir pekan lalu.
 
Pemain terakhir yang menderita cedera adalah Adriano. Bek Brazil ini mengalami cedera ligamen di pergelangan kaki kirinya ketika membawa Barca menang 4-0 atas Granada di laga lanjutan La Liga Spanyol, akhir pekan lalu. 
 
Martino sedikit bernafas lega dengan kembalinya Xavi Hernandez. Gelandang bertahan Spanyol itu dipastikan bakal diboyong ke Amsterdam setelah sembuh dari hamstring. Sebagai ganti pemain yang cedera, pelatih asal Argentina ini membawa serta sejumlah pemain dari skuad cadangan atau Barcelona B. 
 
Ada pun pemain yang diboyong Martino adalah Jose Manuel Pinto, Oier Olazabal, Martin Montoya, Gerard Pique, Cesc Fabregas, Carles Puyol, Xavi Hernandez, Pedro Rodriguez, Andres Iniesta, Neymar Jr, Javier Mascherano, Marc Bartra, Sergio Busquets, Alex Song, Sergi Roberto, Sergi Gomez (Barca B), Patricio Gabarron (Barca B), Adama Traore (Barca B), Jean Marie Dongou (Barca B).
 
Walau tak diperkuat sejumlah pemain pilarnya, Cecs Fabregas optimis Barca bisa membungkam Ajax. "Kami ingin siap menghadapi segala hal yang menghadang," tegas pilar Barcelona Cecs Fabregas di AFP.
 
"Ada kebersaman menyeluruh di grup dan satu pemahaman dengan pelatih. Kami harus mencoba (untuk menang) sehingga tidak sampai merasa kehilangan pemain lainnya dan kami sudah bisa melakukannya saat menghadapi Granada, walaupun kita memang membicarakan pemain-pemain penting," lanjut Fabregas.
 
Sementara bagi Ajax, laga nanti malam merupakan hidup mati. Mereka harus menang untuk memastikan peluang lolos ke babak 16 besar tetap terjaga. Sayangnya, dalam laga itu, Ajax tidak bisa menurunkan penyerang andalannya, Bojan Krkic yang merupakan pemain pinjaman dari Barcelona. 
 
Pada laga pertama di Camp Nou, tanggal 19 September silam, Barcelona sukses menundukkan Ajax dengan skor 4-0. Ajax Amsterdam yang tak mampu membalas satu gol pun dalam laga itu. Dalam pertandingan terakhir di Liga Champions, Ajax Amsterdam bertemu dengan Celtic dan berhasil meraih kemenangan.
 
Begitu juga kebahagiaan tengah dirasakan tim Blaugrana (Barcelona), dalam pertandingan terakhirnya di Liga Champions Barcelona sukses membungkam AC Milan di kandang (7/11/2013) dengan skor 3-1.
 
Selanjutnya Barcelona dipertemukan dengan Real Betis di ajang lanjutan Liga Spanyol dan berhasil memetik poin kemenangan 1-4. Jadi hasil tersebut menunjukkan Barcelona lebih unggul dari Ajax Amsterdam walaupun dalam pertandingan nanti Barcelona akan tandang ke Arena Amsterdam, tetapi skuat mereka dapat dipercayai mampu membawa pulang dengan kemenangan. (rep1) 
 
Perkiraan Susunan Pemain :
 
Ajax Amsterdam 4-3-3 : Kenneth Vermeer, Ricardo, Mike, Ricardo, Niklas Moisander, Lucas Qvistorff, Lasse Schone, Siem de Jong, Tobias Sana, Viktor Fischer, Kolbeinn Sigthorsson.
 
Barcelona 4-3-3 : Jose Manuel Pinto, Gerard Pique, Carles Puyol, Mascherano, Martin Montoya, Cesc Fàbregas, Xavi, Busquets, Song, Alexis Sancez, Neymar.