Riau Raya

Sebut Menpora Bohong, Akhirnya Syamsurizal Minta Maaf

PEKANBARU-Merasa bersalah setelah mendapat somasi dari Menpora Roy Suryo, kepala inspektorat provinsi Riau, Syamsurizal akhirnya menarik omongannya sendiri. Tidak hanya itu, mantan Bupati Bengkalis ini juga terpaksa meminta maaf di dua media cetak nasional.

Statemen yang menyatakan Menpora Roy Suryo pembohong, berbalik arah secepat kilat kepada ketua I ISG III ini. "Ya, benar, somasi pak Menpora sudah beliau (Syamsurizal, red) jawab. Somasi dikirim Kamis kemarin, tadi langsung dijawab," kata Kepala Biro (Karo) hukum setdaprov Riau, Sudarman, Jumat (3/5).

Sudarman tidak mau menjelaskan secara rinci, terkait isi klarifikasi somasi Syamsurizal kepada Menpora, Roy Suryo. Dia menyarankan agar meminta keterangan kepada Humas Pemprov Riau.

Menurut Karo Humas Pemprov Riau, langkah itu dilakukan Syamsurizal demi menghindari polemik antara Riau dengan pemerintah pusat, terkait pemindahan ISG dari Riau ke Jakarta. "Demi menghindari polemik, pak Syamsurizal mengalah," kata Karo Humas Pemprov Riau, Noverius.

Dijelaskan Noverius, Menpora melayangkan Somasi akibat pernyataan Syamsurizal yang dikutip salah satu media online di Riau. Pernyataannya itu berbunyi Menpora Roy Suryo banyak berbohong terkait pemindahan ISG. "Pernyataan itu tidak diterima Menpora sehingga melayangkan Somasi," katanya.

Dalam balasan surat somasi Menpora, Syamsurizal menyatakan bersedia menarik pernyataannya dengan menghadirkan pernyataan baru di media yang bersangkutan. Kemudian Syamsurizal minta maaf kepada Menpora secara terbuka yang bisa dibaca oleh semua masyarakat Indonesia.

Ketika dimintai keterangannya, Syamsurizal bungkam. Saat dijumpai wartawan di gedung Pemprov, Syamsurizal cepat-cepat masuk ke lift, tanpa komentar apa-apa.(rep02/grc)